Notification

×

Tag Terpopuler

Partisipasi Pemilih Pilkada Ditargetkan 77,5 Persen

Tuesday, November 17, 2020 | Tuesday, November 17, 2020 WIB Last Updated 2020-11-17T12:04:09Z

PALEMBANG, SP-Partisipasi pemilih pada Pilkada serentak 2020 di tujuh kabupaten didalam Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ditargetkan 77,5 persen. Untuk merealisasikan target tersebut, KPU Sumsel mendorong KPU kabupaten untuk terus melakukan sosialisasi, serta meminta peran partai politik pengusung paslon untuk mengajak masyarakat menggunakan hak pilihnya.

"Target partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah di tujuh kabupaten yang menyelenggarakan pilkada cukup tinggi sekitar 77,5 persen dari total pemilih mencapai 1.832.660 orang," kata Komisioner KPU Sumsel Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Hendri Almawijaya di Palembang, Selasa (17/11).

Adapun tujuh kabupaten yang menggelar pilkada yakni Kabupaten Ogan Ilir, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Musi Rawas, dan Kabupaten Musi Rawas Utara.

Berdasarkan data, Kabupaten OKU Timur terdapat pemilih paling banyak yakni 464.428 orang yang tersebar di 20 kecamatan dan 312 desa. Kemudian Ogan Ilir 294.729 orang yang tersebar di 16 kecamatan dan 241 desa.

Sedangkan daerah yang terdapat pemilih paling sedikit yakni Kabupaten PALI hanya 129.849 orang yang tersebar di lima kecamatan dan 71 desa.

“Masyarakat yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) tersebut diharapkan dapat menggunakan hak suaranya dengan baik sesuai hati nurani untuk memilih pemimpin yang memiliki visi dan misi sesuai dengan harapan orang banyak,” katanya.

Untuk mendorong masyarakat yang memiliki hak suara menggunakan haknya dalam pilkada yang tinggal beberapa pekan lagi itu, pihaknya mendorong KPUD di tujuh kabupaten yang menyelenggarakan pesta demokrasi rakyat itu untuk menggalakkan kegiatan sosialisasi.

Kegiatan sosialisasi tersebut selain dilakukan komisioner KPU di masing-masing daerah, pihaknya juga berharap dilakukan partai politik pendukung pasangan calon kepala daerah.

“Melalui upaya tersebut diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya saat berlangsungnya pilkada sesuai dengan target yang ditetapkan,” katanya. (ody)



×
Berita Terbaru Update