Notification

×

Tag Terpopuler

Sapi Buatan Lahirkan Ribuan Anak Sapi

Monday, November 30, 2020 | Monday, November 30, 2020 WIB Last Updated 2020-11-30T09:47:22Z


PALEMBANG, SP -
Program Inseminasi sapi buatan di Desa Margodadi, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan (Sumsel), berhasil melahirkan 10 ribu anak sapi. 

Kegiatan panen pedet sendiri dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru, Senin (30/11/2020). Kegiatan ini mengangkat tema "Membangun Kedaulatan Pangan Ternak Sapi dari Daerah" di Desa Margodadi, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten OKU Timur.

Panen pedet tersebut merupakan hasil Inseminasi sapi buatan yang di resmikan Gubernur Sumsel H Herman Deru diawal tahun 2020 lalu. 

Dikesempatan itu, Herman Deru mengajak semua masyarakat Desa Margodadi untuk terus serius dan fokus berternak sapi dan terus didukung dengan Inseminasi sapi buatan.

"Saya berterimakasih kepada masyarakat yang sudah mendukung Kabupaten OKU Timur sebagai daerah penghasil peternakan, perikanan dan pertanian," ungkapnya.

Dikesempatan itu, HD juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati OKU Timur dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur atas inovasi daerah yang dilakukan melalui inseminasi sapi buatan.

Sementara itu, Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi mengatakan, sebenarnya ide panen pedet ini berasal dari melihat sejarah dari para tokoh masyarakat OKU Timur yang konon dahulu banyak menitipkan sapi-sapi di masyarakat untuk di pelihara dan dibudidayakan.

Dijelaskannya, pada tahun 2005 lalu terjadi kemerosotan ternak akibat pencurian. Berdasarkan data tahun 2016 terdapat 69.000 sapi dimiliki OKU Timur.

"Saat ini target yang ingin di capai sampai akhir tahun 2020 ini mencapai 82 ribu ekor sapi ada di OKU Timur salah satunya melalu panen pedet yang dilakukan," ungkapnya.

Usai peresmian panen pedet, dilakukan juga penyerahan secara simbolis kartu identitas anak sapi oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada peternak sapi Desa Margodadi. Dilanjutkan peninajaun pasar hewan Desa Margodadi.

Turut hadir Anggota DPRD Sumsel H Sri Sutandi, para kepala OPD dan TGUPP dilingkungan Pemprov Sumsel serta Forkopimda Kabupaten OKU Timur. (ril)

×
Berita Terbaru Update