Pembumian Pancasila di Sumsel


-MY Resmikan Deklarasi Forum Panca Mandala Pembumian Pancasila di Sumsel

PALEMBANG, SP -  Forum Panca Mandala Pembumian Pancasila di Provinsi Sumatera Selatan resmi dikukuhkan. Pengukuhan forum ini langsung disaksikan langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP). 

Acara ini langsung dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya, di Graha Bina Praja Auditorium Pemprov Sumsel, Rabu (2/12/2020)  Mawardi mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila perlu dihayati dan dijunjung tinggi oleh setiap warga negara Indonesia. 

Maka dari itu, penting bagi seluruh warga negara untuk memahami setiap makna Pancasila yang terkandung di dalamnya.

"Pancasila merupakan buah pikiran, musyawarah dan mufakat yang dilakukan oleh tokoh-tokoh penting di masa perjuangan kemerdekaan. 

Meskipun melalui berbagai perbedaan pendapat, pada akhirnya setiap ide dan gagasan dapat disatukan dan membentuk makna Pancasila yang mendalam" ujarnya.

Jelas Mawardi, bukan hanya pilihan kata lugas dan bermakna dalam, masing-masing sila juga disimbolkan oleh lambang tertentu. 

Lambang-lambang ini meliputi lambang bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas. Setiap lambang ini mencerminkan makna Pancasila dalam setiap silanya.

"Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) pusat bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sumatera Selatan menggelar dialog Jejaring Panca Mandala maka dihasilkan deklarasi ini" tutupnya. 

Turut hadir Direkrut Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP RI Elfira Herawati Siregar, S.P., M.M, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumatera Selatan Dr. H. Rosidin Hasan. (ril)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.