Kemenkumham Sumsel Gelar Workshop Penulisan Berita dan Pengolahan Konten Media Sosial


PALEMBANG, SP - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel), menggelar Workshop Tehnik Penulisan Berita dan Pengelolaan Konten Media Sosial, Selasa (9/3/2021).

Kegiatan tersebut, di ikuti 28 peserta yang berasal dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lapas, Rupbasan dan Bapas diwilayah kerja Kemenkumham Sumsel,  dengan menghadirkan narasumber dari General Manager (GM) Harian Sumatera Ekspres Nurseri Marwah dan LKBN Antara TV Evan Elvani.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, Indro Purwoko diwakili Kepala Bagian Umum, Herman Sawiran secara resmi membuka kegiatan Workshop tersebut.

Menurut Herman, pelatihan ini diadakan dalam upaya meningkatkan pemahaman dan kecakapan para peserta untuk menulis naskah berita di bidang kehumasan.

 "Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, para peserta dapat menulis berita dengan baik dan dapat dimuat di media massa," ujar Herman Sawiran yang didampingi Kasubag Humas Hamsir.

Narasumber Nurseri Marwah selaku GM Harian Sumatera Ekspres, menerangkan kepada peserta workshop soal tata cara dalam membuat suatu berita yang padat, singkat, jelas, namun bisa pahami oleh pembaca. 

“Kuncinya menulis berita itu fakta, narasumber dan kejadiannya terbaru. Kalau teorinya 5W + H,” ujar Nurseri.

Dia menjelaskan, humas penting dalam mempromosikan kegiatan-kegiatan positif di lembaga ataupun institusinya. 

“Sekarang banyak media untuk dimanfaatkan, terutama media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan whatsapp untuk menyebar luaskan informasi tersebut,” jelasnya.

Sementara narasumber dari LKBN Antara TV Evan Elvani, menjelaskan kepada para peserta soal tata cara mengambil gambar video dengan baik.

Kasubag Humas Kanwil Kemenkum HAM Sumsel Hamsir menambahkan, dengan seiring berkembangnya zaman, humas juga berperan memberikan informasi kepada masyarakat melalui media, baik online, cetak dan lainnya.

“Kegiatan ini baru pertama diadakan, harapannya humas kemenkumham bisa secara mandiri memberitakan kegiatan yang mereka lakukan secara baik dan benar, ujarnya. (Ariel)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.