Pasar Diserbu Jelang Lebaran Idul Fitri


PALEMBANG, SP -
Sepekan sebelum Lebaran Idul Fitri, masyarakat Kota Palembang mulai menyerbu pasar modern dan tradisional meskipun kondisi wilayah masih berada di zona merah Covid-19.

Berdasarkan pantauan, para pengunjung diantaranya di Pasar 16 Ilir, 26 Ilir, Supermarket Diamond sudah sangat membludak. Mereka memburu mulai dari daging, kue kering dan lainnya dan harganya pun sudah melonjak tinggi. 

Harga daging sapi mencapai Rp140 ribu - Rp150 ribu /kg, daging ayam boiler Rp33 ribu - 40 ribu /kg, cabai merah Rp70 ribu /kg, telur Rp24 ribu /kg.

Salah seorang pedangang ayam di Pasar 26 Ilir, Iwan mengatakan, berbeda dengan lebaran tahun lalu, 2021 ini masyarakat lebih banyak belanja ke pasar. Dalam satu hari untuk penjualan menjelang Idul Fitri ini mencapai 200-300 kilogram ayam boiler. 

"Harga ayam setiap akan lebaran naik, karena dari agen juga naik. Peminatnya juga banyak, naik dua kali lipat dibandingkan biasanya menghabiskan 100 kilogram /hari," katanya. 

Seperti halnya daging sapi, menjelang lebaran ini menjadi salah satu yang diburu pembeli untuk dimasak rendang ataupun malbi. Agus salah seorang penjual daging mengatakan, walaupun banyak yang jual daging beku, daging segar tetap banyak peminatnya. 

"Sekilo Rp150 ribu daging segar dan baru dipotong tadi pagi, harga biasanya berkisar Rp90 ribu - Rp110 ribu /kg," katanya. 

Salah seorang pengunjung pasar, Desma mengatakan, ia sengaja berbelanja untuk kebutuhan lebaran seminggu sebelum hari H. "Harga pasti lebih mahal, jadi belanja sekarang, daging, kue kering dan lainnya. Walaupun cukup mencemaskan belanja ke pasar disiasati tetap pakai masker," katanya. (Ara).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.