Notification

×

Tag Terpopuler

Delapan Fungsi Keluarga Tangkal Virus Covid-19

Tuesday, June 15, 2021 | Tuesday, June 15, 2021 WIB Last Updated 2021-06-15T02:26:54Z
PALEMBANG, SP - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Kota Palembang melalui Kepala Bidang Penyuluhan dan Penggerakan Hj.Kapiatul Ahliah.SE.MM menghimbau  untuk menjalankan Aksi 8 (delapan) Fungsi Keluarga untuk membentengi setiap anggota keluarga dari dampak pandemi covid 19, yakni, agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan.

Hal-hal yang dapat dilakukan dalam Keluarga untuk mengurangi dampak psikologis dari pandemi, yakni menerapkan pola hidup sehat, antara lain dengan memastikan setiap anggota keluarga memperoleh istirahat yang cukup, pastikan setiap anggota keluarga untuk berolahraga minimal 15-30 menit setiap harinya, dan memastikan setiap anggota keluarga memperoleh asupan nutrisi yang cukup dan bergizi seimbang, dengan mengkonsumsi nutrisi yang cukup, tubuh lebih sehat dan prima, pikiran menjadi kuat dan tenang.

"Bagi pengantin baru tetap merencanakan kehamilan dan atur jarak kelahiran dengan menggunakan alat kontrasepsi selama pandemi. Pasangan usia subur yang tidak menggunakan alat kontrasepsi, beresiko mengalami kehamilan yang tidak direncanakan atau kehamilan yang tidak diinginkan." kata Hj. Kapiatul Ahliah, belum lama ini.

Menurutnya, kehamil an tanpa persiapan tentu akan meningkatkan beban keluarga baik dari segi psikologis, dan ekonomi.

Disamping itu kehamilan selama masa pandemi sangat beresiko bagi ibu dan janin, selain berdampak pada psikologis ibu akibat kecemasan dikarenakan hamil dimasa pandemi, juga meningkatkan risiko gangguan kesehatan bagi ibu dan janin. 

"Untuk itu upayakan tetap ber-KB di masa pandemi. Dengan membuat janji terlebih dahulu dengan Bidan atau Dokter praktik," tuturnya.

Lebih lanjut Kabid Penyuluhan dan Penggerakan  mengatakan dalam Upaya menuju New Normal setiap anggota keluarga perlu saling mengingatkan. Terutama dalam penerapan disiplin tinggi dalam protokol kesehatan. Seperti penerapan pola hidup bersih dan sehat dengan cuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer serta penggunaan masker, pelaksanaan physical distancing, makan asupan bergizi, olahraga teratur dan cukup istirahat, pelaporan kasus secara mandiri, serta menerapkan karantina mandiri bila mengalami gejala ringan.

"Menuju New Normal, perlu proses adaptasi dengan berbagai perubahan pola hidup, kebijakan dan aturan sesuai perkembangan Covid-19.Diantaranya adanya optimalisasi teknologi digital, dan pelaksanaan protokol Covid-19 secara konsisten.  Setiap anggota keluarga harus saling memberikan  dukungan yang diperlukan untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama pandemi.(adv/my)
×
Berita Terbaru Update