Peringatan Hari Keluarga Nasional Masa Pandemi Covid 19

PALEMBANG, SP-Dalam Rangka menyambut Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 28 Tahun 2021 BKKBN Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan seluruh Dinas PPKB Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan mengadakan kegiatan menarik dan pastinya seru nih ! buat yang suka sekali bikin vidio atau vlog. Ayo ikuti  lomba konten video kreatif untuk penyuluh KB (PLKB) dan Pembantu Penyuluh KB (PLKB) serta terbuka untuk  masyarakat umum se Sumatera Selatan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 Mei s.d 31 Juni 202, Lomba Konten Video kreatif ini diikuti oleh PKB/PLKB serta seluruh masyarakat umum yang ada di provinsi sumatera selatan dengan Tema “Keluarga  Keren Cegah Stunting “dengan syarat dan ketentuan seperti yang ditampilkan dalam materi tulisan ini.

"Latar belakang hari keluarga saat perjuangan awal kemerdekaan yang mana tanggal 29 Juni 1949 kembali ke keluarga setelah menempuh perjuangan menjaga kedaulatan bangsa", kata Edwin Efdendi Kepala Dinas PPKB Kota Palembang, Rabu, (16/06).

Sejarah juga mencatat tanggal 29 Juni 1970 merupakan puncak kristalisasi pejuang keluarga berencana untuk memperkuat Gerakan KB Nasional. Dengan latar belakang tersebut, pada Tahun 1992 Presiden Republik Indonesia saat itu menetapkan Tanggal 29 Juni sebagai Hari Keluarga Nasional yang akhirnya baru dilegalkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2014 Tanggal 15 September 2014.Tanggal 15 September 2014.

Meski telah digelar selama lebih dari dua dekade, tak banyak orang yang mengenal Hari Keluarga Nasional (Harganas). Upaya memasyarakatkan hari keluarga perlu lebih dioptimalkan.

Harganas juga kerap diidentikkan dengan program Keluarga Berencana (KB). Padahal, lebih dari itu, Harganas harus dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa kebersamaan dalam keluarga.

Peringatan Harganas menjadi upaya untuk mengingatkan seluruh masyarakat Indonesia mengenai pentingnya peran sebuah keluarga. Keluarga dinilai memiliki peranan dalam upaya memantapkan ketahanan nasional. Dari keluarga-lah, kekuatan dalam pembangunan bangsa akan muncul.

Harganas ditujukan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai fungsi-fungsi penting yang harus dimiliki dalam sebuah keluarga. Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan Negara.
Pada Tahun sebelumnya, serangkaian kegiatan dilaksanakan sebagai wujud dari Memperingati Hari Keluarga Nasional seperti Pameran, Seminar, Lomba-lomba, serta Puncak Acara yang biasanya di hadiri oleh Presiden Republik Indonesia. Kali ini, situasi Pandemi Covid -19 membuat kita tidak dapat melaksanakan kegiatan tersebut. Namun, semangat Peringatan Harganas tidak hilang begitu saja, BKKBN bersama Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Kota Palembang  akan menyelenggarakan kegiatan yang dilaksanakan lebih dekat dengan masyarakat, yaitu Lomba Konten Video kreatif ini diikuti oleh PKB/PLKB serta seluruh masyarakat umum yang ada di Provinsi Sumatera Selatan dengan Tema “Keluarga  Keren Cegah Stunting”  dan  Pelayanan KB Serentak sejuta Akseptor serentak seluruh Indonesia pada Tanggal 24 Juni 2021.(adv/my)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.