Percepat Penanganan Covid-19, Satgas Covid Kecamatan Lais Gelar Rakor

-Dodi Reza Alex : Shalat Idhul Adha di Rumah Masing Masing

MUBA, SP - Mengawali Rapat Koordinasi (Rakor), Tim Satgas Covid-19 Kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terlebih dahulu menayangkan video arahan Bupati Muba H Dodi Reza Alex saat Rapat Evaluasi Satgas COVID-19 yang yang diikuti FKPD dan kepala perangkat daerah Muba, di Ruang Rapat Serasan Sekate Sekretariat Daerah Muba, Senin (12/7/2021).

Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam arahanya, mengintruksikan agar Tim Satgas penanganan Covid-19, sekda Muba sebagai sekretaris, wakil ketua dan semua unsur dalam penanganan Pandemi Covid-19 agar dapat berjalan sebaik mungkin.

Dirinya meminta kepada OPD untuk membuat terobosan agar masyarakat mau dilakukan vaksinasi. Karena menurut Bupati inovatif ini, penanganan pandemi covid-19 ini harus dilakukan secara maksimal, oleh karena itu semua pihak harus turun tangan.

"Pastikan obat-obatan tersedia, buat pelayanan sebaik mungkin. Konsultasi melalui handphone, baik Dinas Kesehatan, Kesra, Dinas Sosial harus bergerak, beri bantuan kepada keluarga warga terdampak. Saya juga minta kepada Dinas Perizinan, Disdukcapil jangan memberikan pelayanan terlebih dahulu sebelum pihak perusahaan atau masyarakat divaksinasi," Jelasnya.

Selain itu, dirinya juga mengintruksikan kepada Camat, Kasat Pol-PP, agar mengingatkan warga menunda resepsi atau hajatan yang mengundang kerumuman.

"Saya minta, para Camat, Pol-PP untuk menghimbau warga agar menunda pelaksanaan resepsi atau hajatan. Bukan dilarang tapi tolong ditunda dulu, termasuk tidak ada aktifitas ditempat wisata, jika semuanya sudah landai silahkan," Tegas Bupati Inovatif ini.

Dodi menambahkan, mengenai seluruh ketentuan perkantoran dan aktifitas masyarakat harus mengikuti ketentuan yang ada, dan kegiatan keluar daerah diminimalisir.

"Kami minta yang tergabung dalam Satgas Covid-19 Kabupaten Muba, kita turun sama-sama, bantu ini semua kita siapkan supaya berjalan mikro darurat lokal ini," Sambungnya.

Usai mendengarkan arahan Bupati Muba. Dalam Rakor itu, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi mengatakan, guna menekan mewabahnya Covid-19 di Kabupaten Muba, termasuk dalam Kecamatan Lais, dirinya berharap agar intruksi ini dapat menjadi perhatian bersama.

"Alhamdulillah, tingkat partisipasi masyarakat kecamatan Lais dalam vaksinasi tertinggi. Diprediksi, puncak meningkatnya risiko covid setelah idhul adha. Shalat Idhul Adha dilaksanakan dirumah masing-masing, pelaksanaan HUT 17 Agustus ditunda, dan 2 minggu kedepan masyarakat yang melaksanakan hajatan untuk ditunda terlebih dahulu," Imbaunya.

Demoon juga menjelaskan kewajiban pihak perusahaan dalam menekan pandemi Covid-19 di wilayah kerjanya, bagi tenaga pengajar yang belum di vaksin agar berkoordinasi dengan puskesmas setempat.

"Pihak perusahaan dapat menyediakan alat tracing. Kemudian kami berharap bagi pihak perusahaan, jika ada yang terkonfirmasi positif, keluarganya harap dibantu sembako," Sambung Demoon.

Kapolsek Lais AKP Herman Junaidi SH dalam kesempatan itu mengatakan, sesuai maklumat Kapolda Sumatera Selatan, bahwa kita sedang menghadapi darurat lokal.

"Saya mengingatkan kepada kita semua, sekarang ini kita menyatukan persepsi agar pelaksanaan meminimalisir pandemi covid -19 dapat tercapai sebaik mungkin," Jelasnya.

Herman menambahkan, Covid-19 itu benar-benar ada. Dirinya meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan pada penyebarannya.

"Semua untuk waspada, mari ikuti petunjuk pemerintah untuk vaksinasi, karena setelah divaksin ada perlawanan didalam tubuh kita. Terus jaga protokol kesehatan," Pungkasnya.

Sementara, Kepala UPT Puskesmas Gardu Harapan Alexander SKM menyampaikan laporan​ pemantauan Covid-19 Kabupaten Muba​ update 11 Juli 2021.

Kasus aktif secara Nasional 5,7%, sedangkan Kabupaten Muba mencapai 6,6%, jumlah kasus sembuh secara Nasional 89% dan kasus sembuh di Kabupaten Muba 88%, jumlah kasus meninggal secara nasional 2,7% dan jumlah kasus meninggal di Kabupaten Muba 5% , positivity Rate 16,57% Kabupaten, lebih kecil 5% Nasional.

Adapun laju capaian persentase vaksinasi per puskesmas di Kabupaten Musi Banyuasin update 11 Juli 2021. Untuk wilayah Kecamatan Lais, Puskesmas Lais dosis pertama 13,64 dosis kedua 4,24, Puskesmas Gardu Harapan dosis pertama 18,37 dosis kedua 4,22 dan Puskesmas Teluk Kijing dosis 21,25 dan dosis kedua 1,43.

Kepala Puskesmas Gardu Harapan ini juga menjelaskan terkait intruksi Bupati Muba selalu ketua Satgas Penanganan COVID-19 nomor 025 tahun 2021 tentang Implementasi Pengetatan Aktifitas Masyarakat pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di Kabupaten Musi Banyuasin.

Turut hadir, perwakilan dari pihak perusahaan, masing masing PT Medco, PTPN VII Unit Betung, PTPN VII Unit Talang Sawit, dan PT Agro, serta Kepala Desa dan Kepala Pukesmas dalam Kecamatan Lais.​ (Ch@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.