Pertemuan Pokja Kampung KBIntegrasi Program Bangga Kencana

PALEMBANG, SP - Dalam rangka Optimalisasi Pelaksanaan Kegiatan Operasional Integrasi Program Bangga Kencana di Kampung KB, Dinas DPPKB Kota Palembang  mengadakan kegiatan pertemuan Kelompok Kerja di Kampung KB yang bertempat di Kampung KB dalam wilayah kecamatan se Kota Palembang  yang dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 Juli 2021.  

Dalam pertemuan ini Kepala Dinas DPPKB Kota Palembang di Wakili, Kabid Penyuluhan dan Penggerakan, Hj.Kapiatul Ahliah serta dihadiri Korwil KB, Penyuluh KB, Lurah setempat, Ketua Pokja Kampung KB dan anggota Pokja Kampung KB Seperti yang dikutip dari buku Pedoman Pengelolaan Kampung KB, Kampung KB merupakan satuan wilayah setingkat Desa dengan kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program pembangunan antara program Pembangunan Keluarga,  Kependudukan dan keluarga berencana,  dan Pembangunan sektor terkait dalam upaya meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat. 

Tujuan dari kampung KB itu sendiri yaitu untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga,Kependudukan dan  Keluarga Berencana) yang terintegrasi dengan sektor pembangunan lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas dapat terwujud dan berjalan secara berkesinambungan. Dalam pembentukan Kampung KB ada istilah 8 fungsi keluarga, yang dimaksud dengan 8 fungsi keluarga adalah Keagamaan, Sosialissai/Pendidikan, Reproduksi, Ekonomi, Perlindungan, Kasih Sayang, Sosial Budaya, Pembinaan Lingkungan yang harus berjalan secara berkesinambungan.

Kegiatan pertemuan Pokja Kampung KB bertujuan untuk meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan dalam Mengelola Program Kampung KB. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan dan mengembangkan Peran Aktif Kader Pokja di kampung KB  pertemuankelompok kerja kampong KB yang dilaksanakan setiap tahunnya  membahas tentang program kerja apa saja yang akan dilaksanakan dalam tahun 2021 ini dan diharapkan dapat meningkatkan peran serta masyarakat, stakeholder dan forum masyarakat Kampung KB dalam memberikan Penyuluhan dan Informasi tentang program-program KB serta mensukseskan program-program KB tersebut. 

Selain itu juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara merata dengan mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam upaya mewujudkan masyarakat menjadi produktif, meningkatkan ekonomi keluarga, Kampung KB bukan hanya melibatkan Dinas KB saja, namun juga melibatkan seluruh dinas intansi terkait dan mitra kerja untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Integrasi lintas sektor berupa pelayanan terpadu antar sektor yang menjadi kebutuhan masyarakat, seperti pelayanan KB, pelayanan pembuatan akta, pembangungan jalan dan jembatan, pembuatan ktp, pendiaan buku-buku bacaan, posyandu, PAUD, P2WKSS, dll." Ungkap Hj. Kapiatul Ahliah. 

Kemudian dalam kesempatan ini juga mengajak para orang tua secara serentak upaya preventif pencegahan tindak kekerasan terhadap anak dan perempuan, pecegahan narkoba serta pencegahan stunting, juga selalu mengingatkan untuk menjaga kesehatan dalam pencegahan Virus Karona (Covid 19) berawal dari diri sendiri keluarga dan lingkungan. 

"Jangan lupa menerapkan 3 M menjaga jarak, mencuti tangan dan memakai masker", tambahnya.(adv/my).

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.