KAMPUNG KELUARGA BERKWALITAS LAYANG LAYANG BERSINERGI WUJUDKAN KAMPUNG BERSINAR


PALEMBANG, SP - Kemendagri mempunyai kewajiban mendorong seluruh provinsi untuk menjalankan Instruksi Presiden No. 2 tahun 2020 tentang Rencana Aksi P4GN. Setiap daerah diminta untuk membentuk Perda terkait pelaksanaan P4GN di wilayahnya masing-masing.

“Kuncinya adalah pembentukan regulasi daerah melalui Perda. Jika sudah terbit Perda, otomatis anggarannya pun akan ada, dan dapat terlaksana”, ujar Lutfi.

Dalam mendukung kebijakan Kampung  Bersinar, Kemendagri telah membuat regulasi dengan menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Regulasi tersebut dapat menjadi dasar hukum untuk perangkat desa menyusun Perda guna mendukung pembentukan Kampung  Bersinar di wilayahnya masing-masing.

Kelurahan 29 ilir dan 36  ilir Palembang  yang termasuk Kampung Keluarga Berkwalitas menjadi kampung percontohan kampung bersih narkoba (Bersinar) yang dilaunching secara langsung oleh Walikota Palembang, Harnojoyo, Rabu (29/9/2021).

Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Sumsel, Ika Wahyu Hindaryati mengatakan dua kelurahan ini menjadi kampung percontohan di Kota Palembang dalam rangka upaya mendukung pemberantasan narkoba di Kota Palembang.

"Kenapa dua kampung ini karena pertama sesuai arahan Pak Walikota dan karena kampung ini juga masuk daerah rawan narkoba yang kita tahu pernah di gerebek," ujarnya.

Menurutnya, BNN, baik ditingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota, perlu melakukan pendekatan secara personal hingga ke tingkat yang paling dasar. Keterlibatan perangkat desa dalam membangun budaya anti narkoba akan lebih efektif dalam membangun kepercayaan masyarakat terhadap peran BNN dalam pencegah penyalahgunaan narkoba.

Kampung bersinar ini mempunyai Satgas Narkoba yang terdiri dari Ketua RT, Ketua RW, Lurah serta Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat dan Pemuda Pemudi di Kelurahan Setempat

“Salah satu contohnya adalah keterlibatan PKK. Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk karakteristik seorang anak. Apabila perangkat desa (contohnya kelurahan, RT, RW hingga PKK) diberdayakan dapat dengan mudah menyasar target, salah satu caranya melalui program Kampung Bersinar”. (adv)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.