Peran Mitra Kerja Dalam Pengembangan Keluarga Berencana


PALEMBANG, SP - Proses pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilakukan pemerintah perlu terus dilakukan secara berkesinambungan. Tujuannya untuk menjamin agar pembangunan nasional tetap bisa berjalan dengan dukungan SDM yang andal dan berkualitas.

Sejalan dengan itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palembang melalui Bidang Penyuluhan dan Penyampaikan  Peningkatan Peran Serta Mitra Kerja dalam Pengembangan Program Keluarga Berencana yang terintegrasikan dengan program Kampung KB.

Kepala Bidang Penyuluhan dan Penggerakan Ibu Hj.Kapiatul Ahliah.MM
“Harapannya, tujuan pembangunan SDM melalui program Bangga Kencana yang terintegrasi dengan Kampung KB bisa tercapai secara optimal,”jelas Lia. 

Lebih lanjut menurut Kapiatul Ahliah rangkaian tahapan Pembentukan  Kelompok Kerja bidang Bangga kencana/Kampung KB yang telah dilaksanakan tinggal  Peningkatan Koordinasi Program Kependudukan, KB, Pembangunan Keluarga dan Kesehatan di Kota Palembang. Sementara pelaksanaan pertemuan dan pembentukan program District Working Group (DWG)  di Kota Palembang belum dilaksanakan ke depannya akan segera di bentuk yang agendanya menyampaikan progres pembentukan Tim DWG (Pokja Banggakencana) dan rencana advokasi Tim Pokja Kecamatan dan Tim Pokja kelurahan olehTimmendatang.Secara khusus lia  juga menjelaskan DWG adalah Tim Kelompok Kerja yang terdiri dari peran semua lintas sektor terkait untuk memperkuat program kependudukan, keluarga berencana (KB) dan pembangunan keluarga yang operasionalnya akan didukung oleh pemanfaatan anggaran (baik dari APBN, APBD) melalui dukungan pendanaan APBKelurahan , sehingga diharapkan dengan adanya Tim DWG akan bisa memberikan solusi terhadap berbagai persoalan Program Bangga Kencana yang ada serta sumbangsih nyata demi terwujudnya masyarakat dan keluarga yang sehat, cerdas dan sejahtera.

Sementara Kampung KB adalah program pusat untuk memberdayakan masyarakat, setingkat RW atau desa/dusun dengan kriteria tertentu yang melaksanakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara komprehensif dan terintegrasi.“Jadi program District Working Group (DWG) Pokja KB-MKJP untuk pengembangan KKBPK sangat relevan dan terintegrasi dengan program Kampung KB,” tegas lia. (adv)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.