Notification

×

Tag Terpopuler

Anak 6 - 11 Tahun Sudah Bisa Divaksin Covid-19

Tuesday, November 02, 2021 | Tuesday, November 02, 2021 WIB Last Updated 2021-11-02T09:27:46Z


PALEMBANG, SP - Saat ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin vaksin Sinovac untuk anak 6-11 tahun. Artinya, mulai siswa Sekolah Dasar (SD) sudah bisa untuk melakukan vaksinasi jenis Sinovac.

Seketaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa mengatakan pihaknya sampai saat ini masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) terkait hal tersebut. Karena untuk siswa diharuskan juga ada izin dari wali murid. 

"Kta sudah dengar kalau pemerintah memperbolehkan vaksin bagi anak usia 6 hingga 11 tahun tapi belum ada teknisnya bagaimana. Kita masih menunggu ini," katanya, Selasa (2/11/2021).

Kata dia, kalau sudah ada petunjuk teknisnya atau regulasinya maka tentunya pemerintah daerah akan menyosialisasikan hal tersebut.

"Kalau sudah ada akan kita sosialisasikan dan baru kita jalankan. Artinya usia 6 tahun ini usia anak sekolah dasar atau SD jadi memang cukup banyak sasarannya yang ada di Kota Palembang," katanya. 

Apalagi, saat ini pihaknya juga terus mempercepat upaya vaksinasi bagi pelajar atau remaja diatas 12 tahun ini yang tengah berlangsung di sekolah-sekolah saat ini.

"Kita juga terus berupaya mendorong untuk mempercepat upaya vaksinasi yang ada di kota Palembang dengan memperbanyak sentra vaksinasi saat ini," katanya. 

Sementara itu, Plt Kabid Kesmas Kasi Kesga & Gizi Dinkes Kota Palembang dr. Mirza Susanty SpKKLP mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menunggu edaran resmi atau surat resmi dari pemerintah pusat terkait vaksinasi anak ini.

"Kita masih menunggu aturan resmi, baru akan disampaikan kepada walikota dan baru ada tindaklanjut setelah itu," katanya.

Dan berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Palembang per 1 November 2021 capaian vaksinasi mencapai 65,43 persen. "Untuk vaksin remaja usia 12 tahun keatas ini memang capaiannya masih kecil yakni baru 9 persen untuk dosis 1 dan 8 persen untuk dosis 2 dengan sasaran target yakni 151.788," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update