-->

Notification

×

INOVASI KAMPUNG BERKWALITAS DI KOTA PALEMBANG

Monday, November 29, 2021 | 09:27 WIB Last Updated 2021-11-29T02:27:22Z

PALEMBANG, SP - Dinas Pengendalian Penduduk dan  Keluarga Berencana Kota Palembang  mempunyai kewajiban untuk dapat melaksanakan program Kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga dengan tujuan dapat mengendalikan laju pertumbuhan penduduk secara umum, meningkatkan rasio KB Aktif dan meningkatkan ketahanan keluarga serta meningkatkan kesejahteraan keluarga. 

Strategi keberhasilan pelaksanaan Program Kampung KB ini, dimulai dengan menggerakan pemangku kepentingan utama yaitu Pimpinan Daerah dalam hal ini Bapak Walikota dan Wakil Walikota Palembang  dengan pendekatan yang progresif untuk dapat menjalankan visi dan misinya. Demikian disampaikan, Kepala Bidang Dalduk PPKB Kota Palembang,Yuli Riati,S.Sos,M.Si. saat dibincangi ,beberapa waktu lalu.
 
Keterkaitan dari Inovasi Kampung Berkwalitas  dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan pemerintah dan masyarakat,

"Dinas PPKB setiap tahunnya melaksanakan pertemuan dengan kelompok kerja yang ada di setiap Kampung KB dalam Kota Palembang dimana di mulai tanggal 23 November s.d 9 Desember 2021 di laksanakan kegiatan di Kampung Berkwalitas  membicarakan Inovasi apa yang akan di buat di Kampung KB tersebut", ujarnya.

Pertemuan Kelompok Kerja Di Kampung KB Mawar Kecamatan Ilit Timur II dimana akan membuat inovasi tentang kuliner Kota Palembang dengan melibatkan Mitra Kerja dan mengusulkan Bantuan dari CSR PT.PUSRI begitu juga dengan Kampung KB Junjung Biru Kecamatan Jakabaring selalu berbenah dan menunjukkan inovasinya dlm hal kerajinan khas Palembang dimana telah melibat kan juga CSR dari Bank yang ada di Kota Palembang serta berkolaborasi dengan Program Kampung Tenun. Serta mengadakan Pertemuan Kelompok Kerja di Kampung KB Sosial Talang Kepuh binaan TP PKK Provinsi Sumatera Selatan dimana inovasinya sdh terlihat dengan membuat Pindang ikan yang di kemas dlm kaleng serta masih proses pembudidayaan anggerek.

"Upaya yang dilakukan dalam penggerakan peningkatan serta adanya inovasi di kampong KB adalah dengan cara Meningkatnya koordinasi lintas sektoral dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kampung KB melalui intervensi SKPD terkait dan pihak CSR. Peningkatan akseptor KB yang menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang secara signifikan."katanya.

Sementara itu, Kabid PP Dinas PPKB Kota Palembang, Hj.Kapiatul Ahliah,SE,MM menuturkan, Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pembangunan baik dalam hal kebersihan kampung, kesehatan maupun peningkatan perekonomian.

Inovasi Kampung Berkwalitas ini sangat berperan penting dalam mengatasi kekurangan yang terjadi dalam proses pembangunan selama ini. Mewujudkan suatu kota yang bersih dan nyaman sesuai Visi dari Pimpinan Daerah akan sulit diwujudkan apabila tidak dimulai dari hal yang kecil dan tidak terfokusnya kegiatan yang dilaksanakan oleh OPD yang ada di pemerintahan. Kampung Berkwalitas sebagai solusi mewujudkan nya dari hal yang kecil dalam pelaksanaan pembangunan. ini akan sangat dirasakan oleh masayarakat yang masuk kriteria wilayahnya yang kumuh di perkotaan, tingkat pengetahuan yang rendah, tingkat perekonomian yang rendah. Pemberdayaan masyarakat akan menjadi mudah dan terfokus.

Keterkaitan dari Inovasi Kampung Berkwalitas dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat yang sinergis dengan pemerintah, dengan dampak yang dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung melalui intervensi kegiatan yang dilakukan oleh SKPD dan pihak lainnya. SKPD juga akan menjadi terfokus dalam menjalankan kegiatan yang terkait dengan adanya Kampung KB Kampung Berkwalitas .

Tingkat perubahan yang terjadi sangat baik dibandingkan sebelum diadakannya program Kampung KB Kampung Berkwalitas  terlihat dari antusias masyarakat yang sangat senang dengan adanya berbagai kegiatan yang di lakukan untuk membuat kampungnya lebih bagus. Serta untuk penerimaan kelompok sasaran juga sudah tepat, karena yang dipilih memang benar kampung yang kumuh dengan tingkat sosial yang rendah dan termasuk dalam kriteria program Kampung KB Kampung Berkwalitas. 

"Perubahan yang terjadi sangat terlihat jelas, kampung yang dulunya kumuh sekarang sudah lebih tertata rapi dan terlihat indah, sikap masyarakatnya juga lebih baik dalam bersosialisasi dengan orang lain, tingkat kesadaran untuk kebersihan juga sudah bagus", kata Ahliah.(adv)














Popular Posts

×
Berita Terbaru Update