KEGIATAN DISEMINASI HASIL PENGUKURAN DAN PUBLIKASI STUNTING KOTA PALEMBANG TAHUN 2021


PALEMBANG, SP - Pada Kamis tanggal 11 Nopember 2021 Pemerintah Kota Palembang melalui Dinas Kesehatan Kota Palembang menyelenggarakan kegiatan dengan Judul: Diseminasi Hasil Pengukuran dan Publikasi Stunting Kota Palembang Tahun 2021 selama satu hari bertempat di Hotel Beston Jalan Jendral Sudirman Palembang.

Fasilitator dan nara sumber berasal dari Dinas Kesehatan Kota Palembang, Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Selatan, Kecamatan Ilir Timur Tiga dan Kecamatan Plaju sedangkan para peserta berasal dari Kecamatan dan Kelurahan, OPD dan Dinas Instansi Vertikal, Kemenag, Polresta, Kejaksaan, dll. Peserta dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Palembang pada kegiatan ini diwakili oleh saudara H. Mubaroq, SH dari Bidang Kesejahteraan Keluarga.

Kegiatan ini dihadiri oleh Asisten Tiga Setda Kota Palembang yang memberikan arahan dan bimbingan serta sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam pemaparan narasumber diantaranya membahas tentang pentingnya pola asuh, hygene sanitasi, penyakit penyerta di 1000 HPK yaitu yang terdiri dari 280 hari bagi ibu hamil (Bumil) dan 720 hari ibu menyusui (Busui). Selanjutnya juga perlu melibatkan dinas lintas sektor seperti Bappeda untuk membuat  rencana kerja seperti: monitoring dan evaluasi, pertemuan per triwulan rapat koordinasi dengan lintas sektor (tim gabungan opd terkait) dan  turut mengalokasikan dana untuk tim gabungan tersebut. Juga disampaikan perlunya kerjasama diantaranya, antara lain: Dinas Kesehatan dan PKK sebagai narasumber, kader KB yang ada di kampung KB, kelurahan yang wilayahnya menjadi locus stunting, dan KPM (kader pembangunan masyarakat).

Dari hasil pertemuan ini diperoleh kesimpulan yang bertujuan, yaitu :

1. Untuk mengetahui hasil pengukuran dan publikasi stunting dan untuk memahami tahap-tahap konvergensi penanganan stunting yaitu:

a.Jadual : Pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita

b.Pelaksanaan : Pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita

c.Penyimpanan data: Pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita

d. Pemanfaatan hasil data: Pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita

e. Diseminasi dan publikasi: Pengukuran pertumbuhan dan perkembangan balita

2. Untuk mengetahui penyebab stunting dan intervensi pemerintah kota

3. Untuk penanganan stunting dalam upaya percepatan penurunan stunting Kota Palembang. (adv)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.