Kecamatan Mulak Ulu Tuan Rumah HUT LANSIA Ke-25 Tahun 2021 Sekaligus Salurkan Sembako Kepada LANSIA Dari Dinsos Lahat

LAHAT, SP -  Bertempat di gedung AULA kantor Camat Mulak Ulu Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lahat melalui Dinas Sosial menggelar peringatan Hari Lanjut Usia (HLU).

Turut hadir Ketua Pokja IV TP.PKK Kabupaten Lahat, Kadinas Sosial melalui Kasi Rehabilitasi Sosial, Camat Mulak Ulu, Mulak Sebingkai, Kota Agung, Camat Tanjung Tebat, serta perwakilan para Lansia dari Lima Kecamatanari Rabu, (15/12/2021).

Dalam Sambutannya Camat Mulak Ulu Elsye Hartuti, S.STP.MM mengatakan, atas nama masyarakat Mulak Ulu kami mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan penuh Kecamatan Mulak Ulu sebagai tuan rumah HUT Lansia ke-25 tahun 2021.

Kita semua tentu menyambut baik pelaksanaan HUT Ke-25 Lansia. kehidupan Lansia tidak bisa di abaikan oleh semua orang. diharapkan di sisa usianya tetap produktif, sehat, potensial dan terjamin kebutuhannya. 

Untuk mendukung program Lansia produktif kecamatan melalui pemerintah Desa telah mengaktifkan para Lansia ikut dalam program Posbindu dan Posyandu. para Lansia di berikan makanan sehat dan layanan kesehatan gratis. selain itu untuk menjaga kesehatan para Lansia ikut dalam kegiatan senam Lansia" papar Elsye. 

Di tambahkan Kadinas Sosial Ekman Mulyadi melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Efran menjelaskan, dalam rangka memperingati hari Lansia Ke-25 Bupati Lahat Cik Ujang membuat program pemberian permakan kepada ibu Lansia. bantuan berupa kebutuhan pokok dan bergizi, beras, minyak salur, susu dan lainnya. 
 
Dengan program ini kita berharap para Lansia terjamin kesehatannya dengan makan makanan yang bergizi, Lansia kuat dan sehat "tuturnya. 

Senada di Katakan Ketua TP.PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang, S.Hut melalui Ketua Pokja IV Agustia Ningsih, SKM, MM, 
Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) diperingati setiap tanggal 29 Mei. Perayaan Hari Lanjut Usia Nasional ini bertujuan untuk mengapresiasi semangat jiwa, peranan penting dan strategis oleh para penduduk lanjut usia yang ada di Indonesia.

Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, jumlah orang lanjut usia atau lansia di Indonesia sekitar 26,82 juta jiwa atau 9,92 persen. Berdasarkan PBB, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk lanjut usia terbanyak ke-8 di dunia. Dari jumlah tersebut akan meningkat seiring dengan peningkatan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Di tambahkan ibu Ningsih, permasalahan yang dialami lanjut usia pada umumnya adalah menurunnya tingkat kesehatan dan fungsi motorik pada dirinya. Para lanjut usia pada umumnya juga mengalami hambatan untuk melakukan komunikasi baik dengan keluarganya maupun dengan lingkungannya, sehingga menjadikan lansia sebagai pihak yang inferior padahal ruang lingkup kehidupannya masih menunjang.

"Mari kita jalin silaturahmi bersama Lansia agar terciptanya Lansia sejahtera, sehat, bahagia dan bercahaya" ajaknya

Pedoman Pelaksanaan Kreasi Atensi Lanjut Usia dalam peringatan HLUN ke-25 tahun 2021 menyebutkan bahwa harus dilakukannya pengembangan sistem pelayanan dan penanganan lansia, pengembangan pendidikan tentang lansia masuk dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran serta pelembagaan nilai tentang lansia dilakukan secara masif.

Peringatan HUT Lansia di Kecamatan Mulak Ulu sejalan dengan peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-25 tahun 2021 ini memiliki tema “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga”. Maksud dari tema tersebut adalah keluarga merupakan lembaga sosial terkecil yang menjadi tempat “persemaian” bagi setiap orang. Dari kondisi tersebut, maka orang tualah yang menjadi penjuru bagi generasi muda sekaligus panutan.

Dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional pada tahun 2021 kali ini memiliki nuansa berbeda karena sejak tahun 2020, Indonesia dan Dunia berada di posisi Negara yang terdampak pandemi Covid-19.(Dharmawan SE/Saplin Yuniko)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.