-->

Notification

×

Event Wisata, Dongkrak Pengunjung dan Income Hotel

Monday, February 28, 2022 | 13:39 WIB Last Updated 2022-02-28T06:40:20Z


PAGARALAM, SP -
Momen event wisata dibalut dalam sport tourism yang digelar Pemerintah Kota Pagaralam, dipastikan sejumlah Vila maupun Hotel, bahkan Homestay Full Booking, alias penuh dipesan peserta maupun pengunjung yang hanya sekedar berlibur di kaki gunung Dempo.


Seperti diakui Anjar, Pengelola Hotel dan Vila Lahat mengatakan seperti biasanya tiap long weekend, dan pergelaran event wisata, baik seni budaya hingga olahraga seperti offroad, sepeda, lomba lari, menembak dan event lainnya, tingkat hunian kamar di penginapan yang dikelolanya mengalami peningkatan cukup signifikan.


Apalagi sudah jauh hari sebelum puncak acara perhelatan, sejumlah kamar sudah penuh dipesan pengunjung, khususnya peserta event hingga pelancong, baik dari Sumsel, Nusantara hingga mancanegara menginap. 


“Kita sebagai pengelola selalu menyiapkan segala sarana dan prasarana yang ada sebaik mungkin, sedangkan tingkat hunian selama sepekan ini meningkat cukup signifikan, dan kamar yang ada pastinya sudah full booking,” terangnya. 

Sambungnya, rata-rata tingkat hunian kamar mencapai 100 persen dari puluhan kamar hotel dan vila yang dimiliki mulai dari kelas ekonomi hingga VIP.


Senada dikatakan pengelola Vila Gunung Gare, Dika. Momen event wisata seni dan budyaa hingga event wisata olahraga di Kota Pagaralam, pihaknya dipastikan menerima pesanan pengunjung untuk menginap di hotel berada di kaki Gunung Dempo ini. Pengunjung rata-rata mereka yang ingin mengikuti ajang event wisata, tidak hanya yang diadakan pemerintah Kota Pagaralam, juga pihak lainnya. 

Bahkan ada yang hanya sekedar menghabiskan liburan weekend. Yang datang dipastikan tidak hanya dari berbagai belahan daerah di Sumsel, tapi peserta dan pengunjung hingga dari luar Sumatera dan Jawa serta daerah lainnya. “Tiap momen event seni budaya dan event olahraga bertaraf lokal, nasional bahkan internasional. Pastinya pemesanan hotel meningkat cukup signifikan dari hari biasanya,” terangnya. 

Dijelaskannya, paket daftar harga kamar yang ditawarkan bervariasi dapat disesuaikan dengan keinginan pengunjung, sedangkan berbagai tipe kamar mulai VIP hingga standar disiapkan.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kota Pagaralam, Brilian Aristopani didampingi Kabid Pemasaran Pariwisata, Arkadius mengungkapkan, secara bertahap wisatawan sudah mulai banyak yang memilih Kota Pagaralam menjadi pilihan utama mereka untuk berlibur di kaki gunung Dempo.

“Sejalan dengan ditetapkannya Kota Pagaralam menjadi salahsatu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dari 88 kota di Indonesia. Alhamdulillah, kunjungan wisatawan yang berkunjung di Kota Pagaralam meningkat tiap waktunya,” katanya.

Kata Arkadius, hal ini ditandai dengan banyaknya wisatawan yang datang serta makin menjamurnya keberadaan homestay, vila maupun hotel di Kota Pagaralam, apalagi ditopang berbagai iven promosi wisata yang digelar di Kota Pagaralam seperti event wisata seni budaya, event wisata olahraga sepeda, offroad, menembak, festival kopi dan banyak event wisata lainnya ” pungkasnya. (Rep)















Popular Posts

×
Berita Terbaru Update