Notification

×

Tag Terpopuler

Umroh Dibuka, Haji Masih Ngambang

Monday, March 07, 2022 | Monday, March 07, 2022 WIB Last Updated 2022-03-07T12:22:10Z


PAGARALAM, SP -
Minat masyarakat Kota Pagaralam untuk menunaikan ibadah haji ke tanah sucisemakin tinggi. Hal ini bisa dilihat dari panjangnya daftar tunggu masyarakat Kota Pagaralam yang ingin menunaikan Rukun Islam ke-5 tersebut hingga 22 tahun.


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam, Drs H Nafiqurrohman melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh, H Silahudin mengungkapkan, pendaftar haji terus mengalami pertambahan, dan saat ini sudah ada ribuan pendaftar terdata di Kakemenag Kota Pagaralam. 


“Untuk daftar tunggu haji Kota Pagaralam hingga sekitar 2043, atau jika mendaftar tahun ini, kemungkinan berangkat haji kisaran 22 tahun mendatang,” ujar Silahudin, kemarin.


Diakuinya, setiap hari ada saja masyarakat yang datang ke kantor Kementerian Agama Kota Pagaralam, untuk melakukan pendaftaran haji. “Pendaftar haji yang datang ke kantor setiap hari bisa dikatakan selalu ada, tidak pernah putus dan hingga kini jumlah pendaftar sudah mencapai ribuan,” katanya.


Lebih lanjut kata Silahudin, dalam setahun pihaknya kerap mencatat ratusan pendaftar haji, meski demikian dengan daftar tunggu haji yang terlampau panjang tidak sedikit pendaftar haji malah memilih untuk melaksanakan umroh.


“Panjangnya daftar tunggu haji tak mengurungkan niat masyarakat tetap mendaftar haji. Malah ada yang memilih untuk menjalankan umroh terlebih dahulu, khawatir kalau tidak sampai karena lamanya daftar tunggu haji tersebut,” terangnya. 


Dikatakan Silahudin, untuk sinyal keberangkatan haji insya Allah bisa terlaksana. Kuncinya, jika pelaksanaan umroh sukses terselenggara dengan serangkaian penerapan prosedur protokol kesehatan Covid 19 tahun ini, begitupula sinyal adanya jadwal keberangkatan terlaksana.


“Tahun ini perjalanan umroh kembali dibuka, tentunya dilaksanakan dengan pengendalian dan pengawasan menggunakan protokol kesehatan Covid 19 secara ketat, baik di tanah air maupun selama berada di Arab Saudi,” jelasnya seraya mengatakan, namun sayang hingga saat ini jadwal pelaksanaan ibadah haji belum ada informasi kejelasan, baik dari pemerintah pusat mapun pemerintah Arab Saudi.


Lanjutnya, berharap pemerintah Arab Saudi tahun ini membuka penyelenggaraan haji. “Meski dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat, tentunya kita akan menyiapkan segala sesuatunya supaya jamaah calon haji Kota Pagaralam bisa berangkat menunaikan haji,” harapnya.


Untuk Kuota tahun ini, jamaah calon haji yang akan diberangkatkan berjumlah sebanyak 72 orang jamaah. “Namun hanya 71 orang yang bakal berangkat. Pasalnya, satu jamaah calon haji telah meninggal dunia,” pungkasnya. (Rep)

×
Berita Terbaru Update