-->

Notification

×

Kecamatan Babat Supat Gelar Pelatihan dan Pengelolaan Aplikasi SANTAN Versi Android

Tuesday, June 14, 2022 | 12:52 WIB Last Updated 2022-06-14T05:52:50Z

 


MUBA, SP- Sebanyak 16 desa dalam Kecamatan Babat Supat Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ikut dalam kegiatan pelatihan Sistem Aplikasi Nomor Tanah Desa atau SANTAN.


Kegiatan ini berlangsung di ruang pertemuan kantor camat Babat Supat, Selasa (14/6/2022) dihadiri Camat Babat Supat Rio Aditya SIP MSi diwakili Kasi PPDK Kecamatan Babat Supat Sunardi, Direktur CV Mujio Punakawan Andi Prayogi, Kepala Desa dan peserta pelatihan yang berasal dari kasi pemerintahan desa dalam kecamatan Babat Supat.


Kasi PPDK Kecamatan Babat Supat Sunardi mengatakan SANTAN adalah sebuah aplikasi Sistem Informasi Desa berbasis web yang dikembangkan khusus untuk membantu Pemerintah Desa dalam melakukan pengelolaan data dan pelayanan publik, masyarakat juga informasi dan surat penomoran tanah dapat mengakses Desa melalui Website Informasi Desa.


"Semua data yang ada didesa bakalan terkumpul disatu bank data tersebut. selanjutnya dari Database desa kemudian diterima oleh database kecamatan lalu akan diterima juga oleh database kabupaten. Jadi semua nya akan tersusun rapi dan terkontrol dengan baik dan jika kedepannya desa membutuhkan data maka kita sudah punya bank data atau arsipan secara digital,” jelas Sunardi.


Lebih lanjut dirinya mengharapkan, agar seluruh peserta dapat memanfaatkan pelatihan ini sebaik mungkin sehingga saat pelaksanaan di desa tidak ada kendala.


“Seluruh peserta ini dijadikan sebagai operator di tingkat desa. mereka kita harapkan bisa menjalankan dan memanfaatkan aplikasi ini di desanya masing-masing,” tutupnya


Direktur CV Mujio Punakawan Andi Prayogi menambahkan, kerjasama dengan kecamatan Babat Supat ini dalam program menuju desa digital sesuai dengan undang undang RI nomor 6 tahun 2014 tentang desa pasal 86 ayat 4 dan 5. Dalam hal ini, pihaknya mengadakan update aplikasi SANTAN-Desa dalam Versi Android.


Sementara, salah satu peserta Alexander selaku Kasi Pemerintahan Desa Supat mengucapkan terimakasih atas kegiatan tersebut.


Alex mengaku, dengan berbasis android ini tentu semakin mempermudah operator yang ada di desa dalam mengelola aplikasi Santan ini. (ch@)















Popular Posts

×
Berita Terbaru Update