Notification

×

Tag Terpopuler

Moch Al Amin Hadiri Pengukuhan Kepengurusan Karang Taruna Kecamatan Selangit

Friday, July 29, 2022 | 13:22 WIB Last Updated 2022-07-29T06:22:18Z


MUSI RAWAS, SP - 
Bertempat di Aula kecamatan Selangit, kabupaten Musi Rawas, struktur kepengurusan Karang Taruna (KT) kecamatan Selangit Periode 2022-2027 resmi dilantik. Kamis (28/07/2022).

Prosesi pelantikan lakukan oleh camat kecamatan Selangit Ali Aman dengan didampingi oleh ketua Karang Taruna (KT) kabupaten Musi Rawas Muhammad Al Amin.

Dalam proses tersebut, disampaikan oleh ketua panitia Karang Taruna (KT) Ayeng Armanta bahwa terselenggaranya acara ini bersumber dari dana organisasi dan pihak ketiga yang tidak mengikat.

" Selain itu ada juga nanti pembagian paket Sembako dari bank Indonesia melalui anggota DPR-RI komisi Xl dan Eva Susanti anggota DPD Dapil Sumsel untuk Karang Taruna kecamatan Selangit," ujarnya.

Ditempat yang sama, ketua Karang Taruna (KT) kecamatan Selangit Yopan Mirzan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya kegiatan pengukuhan KT hari ini.

Kedepan dirinya sudah mencanangkan beberapa program untuk KT kecamatan Selangit. Salah satunya program KT Go Green yakni akan menghijaukan kecamatan Selangit.

" Mengingat kecamatan Selangit rawan dengan kondisi banjir, penanaman pohon di pinggir sungai bisa mengurangi dampak tersebut," paparnya.

Untuk selanjutnya kedepan KT kecamatan Selangit akan mengoptimalkan peran pemuda agar lebih aktif dan kreatif dalam membina program-program KT kabupaten.

" Jangan tanya apa yang Karang Taruna beri kepada kita, tetapi, berpikirlah apa yang bisa kita beri kepada Karang Taruna," tandasnya.

Dikatakan juga oleh camat kecamatan Selangit yang sekaligus dewan pembina KT kecamatan, ia menjelaskan, peran pemuda yang terangkum dalam Karang Taruna merupakan hal yang tidak bisa di hindari.

Pemuda adalah masa depan sebuah negara, peran pemuda sangat krusial bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Ditengah masyarakat pun peran pemuda sangat dinantikan dalam membawa perubahan.

" Contoh nyata, di masa penjajahan kita melihat langsung peran pemuda menjadi tonggak sejarah mengusir penjajah," urainya.

Ali Aman selaku camat Selangit kembali mengingatkan, dalam proses berorganisasi adakalanya terdapat beberapa perbedaan, perbedaan inilah yang perlu disikapi, karena dalam berorganisasi perbedaan adalah keragaman bukan sebuah persoalan.

" Dualisme atau tigalisme bukan sebuah solusi, permasalahan seperti ini bisa dikatakan tidak paham berorganisasi," pesannya.

Senada dikatakan oleh ketua Karang Taruna kebupaten Musi Rawas, bahwasanya pelantikan hari ini memang pesan dari bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud ketika dirinya menjabat sebagai ketua KT.

" Selama dua Minggu ini saya merasa bangga sekali karena seragam KT terus terlihat, ini menandakan bahwa KT Musi Rawas terus berada di tengah masyarakat memberikan kontribusinya," ucap Amin panggilan akrabnya.

Slogan Karang Taruna sendiri dijabarkan oleh Muhammad Amin adalah 'Adhitya Karya Mahatva Yodha' sangat luar biasa sekali maknanya.

" Pemuda yang berusia 17 hingga 40 tahun adalah anggota Karang Taruna, potensi di usia ini sangat diharapkan memberi peran perubahan baik di pemerintahan maupun di tengah masyarakat," sebutnya.

Lanjut Amin, Adhitya berarti cerdas dan penuh pengetahuan. Karya berarti pekerjaan, keterampilan atau karya. Mahatva berarti terhormat, berbudi luhur dan berkepribadian.

" Saya yakin KT kecamatan Selangit akan mampu memberikan yang terbaik untuk warga kecamatan Selangit," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Muhammad Al Amin juga memberikan support dan dukungan apabila ada program-program KT kecamatan Selangit di masa yang akan datang.

Sebagai informasi untuk komposisi Karang Taruna kecamatan Selangit, ketua dijabat oleh Yopan Mirzan, Sekretaris Febriansyah dan bendahara Lilis Suryani.

Terpantau media, seusai pengukuhan pengurus Karang Taruna kecamatan Selangit, juga dilakukan penanaman bibit kayu di halaman kantor camat Selangit yang dilakukan oleh ketua KT kebupaten Musi Rawas, camat Selangit dan Sekcam Selangit.

Acara pengukuhan juga dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh pemuda kecamatan Selangit, perwakilan Polsek Stl Ulu Terawas, perwakilan Danramil Stl Ulu Terawas, kepala KUA Selangit, kepala balai pembibitan Selangit, ketua forum kades kecamatan selangit, kepala desa Prabu Menang, kepala desa Taba Rena, kepala desa Napal Melintang dan kepala desa Taba Gindo. (Epran)

×
Berita Terbaru Update