Notification

×

Tag Terpopuler

Naik 2 Peringkat, OKU Timur Raih KLA Kategori Nindya

Saturday, July 23, 2022 | 16:31 WIB Last Updated 2022-07-23T09:31:01Z


OKU TIMUR, SP - Upaya Pemerintah Kabupaten OKU Timur dalam melindungi dan memenuhi hak-hak anak secara berkelanjutan, kembali mendapatkan apresiasi dari Kementerian Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.


Dalam Acara penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 yang diikuti langsung oleh Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T yang didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Hanafi, S.E., M.M. di Ballroom Hotel Novotel Bogor Golf Resort and Convention Centre. Jumat, 22 Juli 2022, Kabupaten OKU Timur berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 dengan Kategori Nindya. Kategori ini naik 2 tingkat dibanding raihan Tahun 2021 dengan Kategori Pratama.


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga menjelaskan, kabupaten/kota ditetapkan layak anak apabila dapat memenuhi empat hak dasar anak, yakni hak untuk hidup, hak untuk tumbuh berkembang, hak untuk mendapatkan perlindungan dan hak partisipasi.


"Adapun pemenuhan hak-hak tersebut sifatnya sangat kompleks dan multisektoral sehingga komitmen lintas sektor menjadi sangat essential, anak juga hidup didalam sebuah sistem yang tidak dapat dilepaskan darinya baik itu keluarga, sekolah, masyarakat bahkan kebijakan budaya dan waktu sehingga seluruh upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak harus terintegrasi dengan seluruh sistem yang melingkupi mereka" Jelasnya.


Daerah yang mendapatkan prestasi baik, bisa menjadi inspirasi dan dapat membagikan praktek-praktek yang baik bagi daerah lain sehingga dapat maju  bersama sebagai 1 indonesia.


Bintang Puspayoga juga meminta dukungan dan support untuk mewujudkan strategi desa ramah perempuan dan peduli anak, "Kami titip itu semoga dengan semangat sinergi kolaborasi yang dilakukan bersama, bisa mewujudkan apa yang diimpikan bersama yaitu perempuan berdaya, anak terlindungi, Indonesia maju" Tutupnya.


Sementara itu, Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas kerja kerasnya dalam pemenuhan indikator Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022.


"Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta semua pihak yang telah bekerja keras dan bekerja bersama sehingga Kabupaten OKU Timur bisa naik 2 peringkat dari Pratama menjadi Nindya" Ucap Bupati Enos.


Bupati Enos berpesan bahwa anak adalah masa depan bangsa yang harus dipenuhi haknya, "Anak merupakan aset masa depan bangsa, sebagai orang tua kita harus memberikan hak-hak anak terutama pendidikan, karena itu akan membentuk karakter dan akhlak pada anak" Lanjutnya.


Beliau juga mengajak seluruh stakeholder untuk meningkatkan kesadaran pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak sehingga prestasi bisa dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. (Tim Diskominfo)

×
Berita Terbaru Update