Notification

×

Tag Terpopuler

17-an Tahun ini Ada Bidar Tradisional dan Perahu Hias

Monday, August 01, 2022 | Monday, August 01, 2022 WIB Last Updated 2022-08-01T09:11:13Z

 


Palembang, SP - Memeriahkan HUT RI ke-77 Pemerintah Kota Palembang tidak menyelenggarakan pertandingan Bidar Tradisional dan Perahu Hias karena minim anggaran.


Sehingga Bidar Tradisional dan Perahu Hias Diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Dinas Pariwisata Sumsel.


"Provinsi yang mengadakan, tahun ini kita belum ada anggarannya," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Sulaiman Amin, Senin (1/8/2022).


Sehingga, para penggiat Perahu Bidar ini menghadap Gubernur Sumsel dan akhirnya Pemprov yang menyelenggarakan. 


"Acaranya dipilih pada 20-21 Agustus Bidar Tradisional dan Perahu hias di Sungai Musi. Pemkot Palembang tetap dilibatkan untuk teknisnya," katanya.


Menurut pihaknya, agenda yang sudah sangat ditunggu-tunggu ini tidak dianggarkan karena mengingat Covid-19 sehingga seperti 3 tahun sebelumnya Bidar ditiadakan.


"Ternyata Covid-19 sudah landai dan kegiatan yang mengundang orang ramai sudah bisa walaupun dengan protokol kesehatan," katanya.


Selain itu, direncanakan akan ada Panjat Pinang di Sekanak Lambidaro di waktu yang sama dengan Perahu Bidar. Namun hal ini akan dikoordinasikan lagi mengenai tempat dan kondisi lalu lintasnya.


"Soal Bidar, Perahu Hias juga Panjat Pinang akan dirapatkan khusus karena perlu rekayasa lalu lintas, mengingat akan dilaksanakan di tanggal yang sama," kata Asisten III Bidang Kesejahteraan Masyarakat Zulkarnain.


Selain itu, Pemprov Sumsel juga meminta agar Pemkot berkoordinas menertibkan Tongkang dan Ketek. Agar jangan sampai seperti tahun-tahun sebelumnya. Setiap ada kegiatan banyak Ketek yang mengikuti Perahu Hias yang sedang lomba. (Ara)

×
Berita Terbaru Update