Notification

×

Tag Terpopuler

Warga Palembang Laporkan Dugaan Korupsi, KPK Beri Hadiah

Friday, September 09, 2022 | Friday, September 09, 2022 WIB Last Updated 2022-09-09T09:32:46Z

Wakil Ketua KPK Alexander Mawarta didampingi Walikota Palembang Harnojoyo saat melaounching Road Show Bus KPK menjelajah negeri (Foto : Ara/SP)

 

PALEMBANG, SP - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak segan melaporkan jika ditemukan dugaan korupsi, kolusi dan nepotisme. 


Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua KPK Alexander Marwata saat launching Road Show Bus KPK Menjelajah Negeri Antikorupsi, di Kota Palembang, Jumat (9/9/2022).


"Pejabat disadap itu benar, tapi salah satu pendengarnya adalah masyarakat. KPK berharap jika ditemukan dugaan kuat tindakan melanggar aturan untuk dilaporkan ke KPK," katanya.


Bisa lewat Hotline KPK di 198 untuk menerima laporan masyarakat, atau lewat website juga medsos KPK. Alex meminta warga tidak takut karena identitas pelapor dirahasiakan dan laporan bukan sekedar surat kaleng.


Jika nanti setelah laporan orang tersebut ditindaklanjuti, berakhir di persidangan dan ada kerugian negara, maka pelapor akan diberi reward.


"Ada hadiah/ penghargaan bagi pelapor, berupa uang tunai hingga Rp200 juta, ini sesuai undang-undang," katanya.


Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, ia sepakat jika korupsi adalah hal yang harus dihindari dan tidak diinginkan terjadi di Kota Palembang Emas Darussalam ini.


"Tapi korupsi ini ada disekitar kita dan menggoda kita, dengan kehadiran KPK semoga kita bisa menghindari korupsi itu," katanya.


Sementara itu program Road Show Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi di Kota Palembang mulai 7-11 September 2022. Palembang adalah kota pertama yang disinggahi KPK. Setelah ke Palembang, lalu Provinsi Lampung dan Banten.


Bus antikorupsi tersebut merupakan bagian dari upaya KPK dalam memberantas korupsi dengan cara membangun perilaku dan budaya antikorupsi melalui pendidikan antikorupsi, dan pencegahan korupsi lewat perbaikan sistem. 


Upaya pencegahan korupsi ini KPK lakukan dengan edukasi kepada pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Palembang, mahasiswa UIN Raden Fatah, Universitas Sriwijaya, dan mencegah korupsi sedini mungkin kepada siswa TK dan SD di Kota Palembang. (Ara)

×
Berita Terbaru Update