Notification

×

Tag Terpopuler

Gandeng Tagana, Dinas Sosial Lahat Gelar Pelatihan Evakuasi Korban

Sunday, November 13, 2022 | Sunday, November 13, 2022 WIB Last Updated 2022-11-13T11:32:43Z



LAHAT, SP - Dinas Sosial Kabupaten Lahat bersama Tagana melaksanakan latihan penyelamatan korban evakuasi persediaan tempat pengungsian selama tiga hari di Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Minggu (13/11/2022).


Adapun kegiatan tersebut di hadiri oleh Parsah Kepala Desa Gunung Kembang, tim Taruna Siaga Bencana Provinsi Sumatera Selatan, Tim Dinas Sosial Kabupaten Lahat dan seluruh Tim kampung Siaga Bencana (KSB) Puyang Tambak.


"Ini kegiatan Pembentukan kampung siaga bencana yang di beri nama KSB Puyang Tambak, kegunaannya kalau ada musibah banjir maka kegiatan ini sudah untuk di persiapkan yang membentuknya Dinas Sosial Kabupaten Lahat yang dihadiri oleh Tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Provinsi Sumatera Selatan," ujar Pasrah Kades Gunung Kembang 


Selanjutnya Tim KSB puyang tambak FIKRI mengatakan "kami dari Kampung siaga bencana (KSB) Puyang tambak dengan kegiatan  ini nantinya akan bermanfaat untuk masyarakat karena sudah disiapkan.Seandainya terjadi bencana dan sudah terlebih dalam mengatasi, menanggulangi bencana kebanjiran, semoga tidak terjadi bencana untuk kedepannya, " ujarnya.


Sementara Dinas Sosial Kabupaten Lahat, Parjiansyah menegaskan, kampung siaga bencana untuk memberikan keamanan kepada masyarakat desa gunung kembang, cukup mengahadapi bencana yang Sering terjadi di desa gunung kembang.


"Yang sering terjadi kebanjiran setiap tahun jadi di harapakan dengan terbentuknya kampung siaga bencana ini masyarakat warga desa ini antisipasi akan adanya bencana yang terjadi di desa gunung kembang ini, kemudian diharapkan dengan adanya kampung siaga bencana, masyarakat bisa menjaga lingkungan semoga bencana-bencana banjir tidak akan terjadi yang bisa di antisipasi," tambahnya.


Anggra Surya Nugraha dari forum kordinasi taruna siaga bencana propinsi sumatera selatan, menyampaikan, "Desa gunung kembang ini tiap tahun hampir terjadi bencana banjir yang pastinya banjir bandang, Hal inilah yang membuat Pemerintah kabupaten lahat untuk mendirikan kampung siaga bencana untuk saat ini di namakan kampung siaga bencana (KSB) Puyang Tambak, mudah-mudahan setelah di bentuk kampung siaga bencana ini, masyarakat mandiri sudah bisa bagaimana cara ataupun metode mengahadapi bencana apabila Desa gunung kembang terjadi bencana banjir bandang," pungkasnya.


"Harapan kami agar kampung siaga bencana (KSB) akan selalu terus eksis menjaga dan aktiv berkordinasi kepada inpektorat dinas sosial kabupaten kota lahat, karna menjaga bencana program yang paling baik dan sosial bertujuan membuat masyarakat secara mandiri agar dapat mengahadapi bencana," imbuhnya. (Dharmawan)

×
Berita Terbaru Update