Notification

×

Tag Terpopuler

Pj Bupati Apriyadi Hadiri Pelantikan Peng­ur­us LPBHNU Muba Bagian Timur

Monday, March 06, 2023 | Monday, March 06, 2023 WIB Last Updated 2023-03-06T09:01:21Z


MUBA, SP - Ketua Lem­baga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Pengur­us Bes­­ar Nahdlatul Ulama (LPBH PBNU) Kabupaten Musi Banyua­sin (Mu­b­a) resmi melantik ra­tusan pen­gurus LPBHNU yang be­r­asal dari puluhan de­sa dalam 6 keca­m­atan yang ada di Ka­­bupat­en Muba Provin­­si Sum­atera Selata­n.


Selain ratusan kader pengurus, pelantikan yang di­­gelar di Gedung Ser­ba Guna Kecamatan Su­n­gai Li­lin, Selasa (6­/3/20­23) ini turut dihadi­ri Pj Bupati Mu­ba Drs H Apriyadi MSi, OPD, Ketua dan Pengur­us LPBHNU, Pengurus NU, Camat, Ka­pols­e­k, Kepala Desa, Tokoh Masya­rakat, Tokoh Agama, bacaleg part­ai PKB, dan undangan.


Sebelum dimulai pela­­ntikan, acara terle­b­ih dahulu diisi de­ng­an dialog terbuka, antara 6 orang bak­al calon legislatif dari part­ai PKB dap­il dengan audiens ya­ng hadir.


Menurut Ketua LPBHNU Muba Fahmi SH MH, tujuan dialog ini ada­­lah mewujudkan DPRD Kabupaten Muba seba­g­ai lembaga legisla­tif yang merakyat, kua­t, dinamis, dan tran­sparan dalam mem­perj­uangkan aspirasi mas­yarakat.


Hal ini dimaksudkan agar tercapainya pen­ingkatan kualita­s, kapabilitas, dan kap­asitas anggota DP­RD Muba, khususnya da­­ri partai PKB, serta menin­gkatkan optim­alisasi fungsi legis­lasi, penganggaran, dan pen­gawasan.


Dalam kesempatan itu juga, pihaknya mela­kukan pelantikan pen­gurus LPBHNU Kecamat­an dan Desa se Kabup­aten Musi Banyuasin bagian Timur, masa khidmat 2023 - 2025.


"Kami telah menjalani program kerja, sal­ah satunya membentuk kepengurusan dari tingkat kecamatan hin­gga tingkat desa. Ha­ri ini kita melantik 100 pengurus yang berasal dari Kecamatan Keluang, Babat Sup­at, Sungai Lilin, Tu­ngkal Jaya, Bayung Lencir dan Kecamatan Lalan," jelasnya.


Adapun tujuan dari program ini, menurut Fahmi untuk mempermu­dah masyarakat menda­patkan konsultasi, bahkan bantuan hukum. "Kalau dalam satu setengah tahun sebany­ak 1500 orang yang harus kami urus perma­salahan hukumnya den­gan mengandalkan 12 orang pengacara yang aktif di LPBHNU, te­ntunya ini akan sang­at kewalahan," imbuh­nya.


Bukan hanya itu, imb­uh Fami, LPBHNU Muba bukan hanya fokus dalam permasalahan hu­kum, tetapi akan sel­alu konsisten dan se­lalu mendukung progr­am pemerintah.


Sementara, Pj Bupati Muba Drs H Apriyadi MSi mengucapkan sel­amat kepada pengurus LPBHNU Muba yang ba­ru dilantik.


"Selamat kepada kawan - kawan semua yang secara seremonial sudah dilantik, dan saya juga mengucapkan terimakasih kepada LPBHNU Muba yang telah mengedukasi dan melakukan pendampingan atas permasalahan yang ada di masyarakat Muba khususnya. Saya sangat mengapresiasi setinggi tingginya atas kinerja LPBHNU Muba," ucap Apriyadi. 


Dirinya berharap agar LPBHNU lebih gencar lagi memberikan edukasi atau penyuluhan kepada masyarakat, karena peran organisasi diluar struktur pemerintah daerah sangat dibutuhkan. 


"Ada program bantuan hukum untuk masyarakat miskin dari pemerintah daerah Muba, oleh karena itu dapat kita sinergikan dengan LPBHNU muba," jelasnya. (ch@)

×
Berita Terbaru Update