Notification

×

Tag Terpopuler

Ini Penyebab Banjir di DA Km 7 dan Karya Baru

Wednesday, April 05, 2023 | Wednesday, April 05, 2023 WIB Last Updated 2023-04-05T09:21:42Z


PALEMBANG, SP - Bangunan di atas aliran sungai sudah menjadi persoalan penyebab banjir di lingkungan perumahan yang tak kunjung usai.


Pasalnya, penimbunan aliran air yang secara sengaja dilakukan oleh masyarakat itu sendiri dan akhirnya menyebabkan banjir.


Salah satunya di Kelurahan Karya Baru, RT 2 dan 3, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang. Kawasan yang sering disebut Jalan Talang Buruk ini, langganan banjir.


Aliran Sungai Seluang dari kawasan Punti Kayu ke Karya Baru kini menyempit, bahkan ditimbun oleh bangunan oleh masyarakat.


Normalnya sungai ini memiliki lebar 6 meter, panjang 1,5 km, dengan kedalaman 3-4 meter.


Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengakui minimnya kesadaran masyarakat untuk tidak penimbunan aliran air ini sudah terjadi sejak dulu.


"Ada lima bangunan rumah yang menimbun aliran sungai, jika warga bersedia langsung kita bongkar, sulit jika warga sendiri tidak mengizinkan, pasti banjir lagi," katanya usai meninjau kawasan langganan banjir di Kelurahan Karya Baru, Rabu (5/4/2023).


Camat Alang-alang Lebar (AAL) Sariansyah Ismail mengatakan, semakin padatnya pemukiman penduduk, aliran sungai tidak dirawat dan tertimbun.


"Area banjir ini dari depan Darma Agung (DA) sampai sini di RT 2, RT 3 RW 4 Perumahan Arofatuna," katanya.


Lima bangunan rumah itu pihaknya akan koordinasi dengan RT setempat agar warganya merelakan untuk dibongkar untuk dibuat saluran air.


"Untuk sementara malam ini PU akan menurunkan alat berat di aliran Sungai Seluang ini," katanya.


Aliran sungai itu pernah dilakukan normalisasi pada 2019, namun setelah itu tidak dilakukan maintenance.


"Sungai yang belum dipasang talud pastinya tidak bisa dilewati air, harus selalu maintenance dengan alat berat," katanya. (Ara)

×
Berita Terbaru Update