Notification

×

Tag Terpopuler

Hasil Survei KPK, 10 Daerah di Sumsel Rentan Terjadi Korupsi

Sunday, May 14, 2023 | Sunday, May 14, 2023 WIB Last Updated 2023-05-14T08:36:41Z

Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (Foto : Istimewa)

PALEMBANG, SP - 10 dari 18 daerah di Provinsi Sumatera Selatan masuk dalam kategori sangat rentan terjadi tindak pidana korupsi. Hal tersebut, diungkap berdasarkan hasil survei Komisi Pemberansan Korupsi (KPK).


Menurut KPK, kerentanan tindak pidana korupsi itu didominasi proyek infrastruktur di daerah.


Adapun ke 10 daerah di Sumsel itu yakni, Pemprov Sumsel, Palembang, Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu, OKU Selatan, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Musi Rawas Utara, Empat Lawang, dan Pagaralam. 


Juru bicara KPK Ali Fikri ketika dikonfirmasi membenarkan bahwa hasil survei tersebut sudah disampaikan pihaknya melalui Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah II KPK) Yudhiawan di Palembang, beberapa hari yang lalu.


"Hasil survei untuk 10 Daerah tersebut, sudah dipaparkan oleh Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah II KPK pada, Kamis (11/5/2023) kemarin," ujar Ali Fikri, Minggu (14/5/2023).


Diketahui sebelumnya dalam rilis hasil survei kerentanan tindak pidana korupsi, KPK menyebut celah terjadinya korupsi sangat tinggi, tidak hanya unsur pemerintahan tetapi juga swasta.


Semisal timses yang memegang proyek infrastruktur, walaupun bukan kontraktor tapi mereka menyerahkan proyek itu ke pihak lain, sehingga terjadi banyak potongan anggaran.


Jika hal itu terjadi, otomatis pembangunan insfrastruktur tidak optimal. Kualitas tidak sebanding dengan anggaran yang dikeluarkan dari kas daerah. 


KPK mencontohkan, kasus yang terungkap di Majalengka dengan pungutan liar sebesar Rp100 juta hingga Rp300 juta. Karena itu KPK meminta agar semua pihak di Sumsel serius dalam menata kelola pemerintahan. 


Dalam upaya pencegahan korupsi, KPK menekankan beberapa hal, yakni pencegahan, penyelamatan aset, dan optimalisasi pajak daerah. Terpenting juga menanamkan nilai integritas pada seluruh jajaran pemerintah daerah. (Ariel)

×
Berita Terbaru Update