Notification

×

Tag Terpopuler

Mengapa Ilham Masuk Kandidat Pj Wako Palembang?

Thursday, August 10, 2023 | Thursday, August 10, 2023 WIB Last Updated 2023-08-10T03:16:24Z

Pengamat sosial politik Baginda Togar Butar Butar (Foto : Istimewa)

PALEMBANG, SP - Nama Dr. Ilham Djaya, SH, MH, M.Pd, saat ini menjabat Kepala Kanwil Kemenkumham Sumsel masuk dalam kandidat salah satu nama yang diusulkan DPRD Kota Palembang menjadi Pj Wako Palembang. 


Sosok ini diusulkan, oleh 4 Fraksi di DPRD Kota Palembang, yakni, Fraksi PDI Perjuangan, PKS, Nasdem PP dan Fraksi Gerindra meskipun ke 4 fraksi itu juga mengusulkan nama H.Ratu Dewa, lalu mengapa nama sosok ini bisa masuk, mengingat sosok ilham bertugas pada lembaga yang berbeda. 


Meskipun, sosok ini merupakan putra Sumatera Selatan tapi karir nya didominasi banyak diluar Kota Palembang.


Pengamat Sosial Politik, Baginda Togar Butar-Butar, ketika diminta pendapat nya, Rabu,(09/08/2023). Mengatakan, secara regulatif dan aspek legal formal ke tiga nama tersebut memenuhi syarat jadi nominator Pj Walikota Palembang.


Walaupun terkesan 2 Nama Pejabat terakhir tidak linear terhadap jabatan  birokrasi pemerintahan daerah. Artinya secara inplisit  ada "kepentingan,misi plus agenda khusus" atas "faksi" yang mengajukan  kedua nama itu. Apalagi beberapa waktu terakhir tidak sedikit permasalahan program pembangunan di kota ini menjadi sorotan publik serta masih butuh penyelesaian pertanggungjawaban dari para pejabat yang berwenang.


"Sering kali praktek politik selalu begitu,berasal dan bermuara pada kepentingan," kata Baginda.


Empat pimpinan Fraksi yang mengusul nama itu sudah diminta keterangan tapi tidak merespon.


Sementara itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Palembang, H. Duta Wijaya Sakti mengatakan jika sosok ilham merupakan putra Sumsel dan sepanjang karir nya sudah 5 kali memimpin level kantor wilayah sehingga sarat dengan pengalaman dibidang birokrasi. Selain itu, beliau berkomitmen akan membangun Kota Palembang sebelum purna bakti masa bakti 2 tahun  kedepan. 


"Komitmen ini yang menjadi harapan sehingga diusulkan nama itu," kata Duta. (*)

×
Berita Terbaru Update