Notification

×

Tag Terpopuler

Lelang Lebak Lebung dan Sungai, Pemkab Muba Ingatkan Jaga Kelestarian Sungai

Wednesday, November 22, 2023 | Wednesday, November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-22T13:37:20Z


MUBA, SP - Kegiatan lelang Lebak Lebung khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin merupakan salah satu kegiatan adat tradisi pelelangan mencari ikan di sungai, untuk itu kegiatan ini harus dilestarikan dan sekaligus menjaga biota sungai oleh masyarakat pengemin. 


"Kami ingatkan, tolong para pengemin sungai agar menjaga sungainya dengan baik. Dalam menangkap ikan kami minta tolong, jangan menggunakan racun, jangan menggunakan setrum. Karena hal ini sudah diatur dalam Perda Nomor 14 tahun 2005 tentang perlindungan ikan dalam Kabupaten Musi Banyuasin," jelas Sulaiman SE MSi mewakili Kepala Dinas PMD Muba, saat membuka lelang sekaligus memberikan arahan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan prosesi lelang di Desa Tanjung Agung Barat Kecamatan Lais, Rabu (22/1/2023).


Lanjutnya, berdasarkan Perbub Nomor 72 tahun 2022, tentang tata cara pelaksanaan lelang Lebak Lebung di desa/kelurahan dalam wilayah Kabupaten Muba. Hasil lelang lebak lebung kembali ke kas desa masing - masing dan 30persen dari hasil lelang lebak Lebung digunakan untuk menjaga ekosistem di sungai sungai yang dilelang.


Sementara, Camat Lais Marsopi SKM MM mengatakan, lelang Lebak Lebung merupakan salah satu adat tradisi mencari ikan yang hingga saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat di Kecamatan Lais yang patut dijaga dan di lestarikan.


Oleh karena itu, Marsopi meminta kepada masyarakat yang mengikuti prosesi lelang Lebak Lebung dan sungai, ketika  mengambil ikan di sungai tidak diracun atau disetrum.


Marsopi juga menghimbau agar para pengemin boleh bersaing harga demi untuk memenangkan lelang, tetapi kebersamaan dan kekeluargaan tetap harus dijaga.


"Hari ini kita berharap kepada pengemin agar tidak ragu - ragu dalam mengambil lelang, boleh bersaing tapi tetap menjaga persaudaraan. Mudah -mudahan rezeki para pengemin kedepan akan bertambah baik," harapnya.


Selain itu, Camat Lais yang asli putra daerah Kecamatan Lais ini juga mengucapkan terimakasih atas kerjasama yang baik antara pemerintah desa dan masyarakat setempat, sehingga pembangunan infrastruktur yang masuk di Desa Tanjung Agung Raya berjalan dengan aman dan lancar.


"Dengan pembangunan yang merata dan perkembangan yang signifikan, Insya Allah Tanjung ini menjadi Tanjung Agung Raya yang sejahtera," pungkasnya seraya mendapat aplaus dari warga pengemin. 


Adapun kegiatan lelang hari ini, dimulai dari Desa Tanjung Agung Timur dengan jumlah objek lelang sebanyak 17 objek lelang dan 3 diantaranya kembali ke panitia, dilanjutkan ke Desa Tanjung Agung Barat, Desa Tanjung Agung Utara dan Desa Tanjung Agung Selatan yang dipusatkan di Kantor Desa Tanjung Agung Barat. (ch@)

×
Berita Terbaru Update