Notification

×

Tag Terpopuler

Berkat Program Unggulan, 155 Siswa SMAN 17 Berhasil Diterima di UNSRI

Tuesday, August 20, 2019 | Tuesday, August 20, 2019 WIB Last Updated 2019-08-20T09:47:28Z

PALEMBANG, SP - SMA Negeri 17 Palembang melalui program unggulan yang diterapkan  sekolah, membuahkan hasil yang gemilang, pasalnya  tahun ini Sebanyak 155 alumni 2019 SMA Negeri 17 berhasil diterima di Universitas Sriwijaya (Unsri). Diantara 155 orang tersebut 28 orang diantaranya diterima di Fakultas Kedokteran.

Prestasi yang dimiliki siswa sekolah ini patut diacungi jempol, bila diperhitungkan ada satu kelas alumni dari SMA Plus Negeri 17 Palembang pindah ke Kedokteran Unsri karena saking banyaknya yang lolos dalam 1 sekolah. "Mereka ini satu angkatan ketemu lagi di FK Unsri," Kepala SMA Negeri 17 Palembang, Dr Parmin SPd MM melalui Wakil Kepala bidang Kurikulum Risyana SPd MSi.

Dikatakannya, prestasi-prestasi ini tidak terlepas dari berbagai program unggulan yang diterapkan oleh SMA Negeri 17 Palembang. Diantaranya membuka Kelas Belajar Mengajar (KBM) Plus, yakni siswa boleh memilih untuk mengikuti mata pejaran apa, yang difasilitasi diluar jam reguler. Seperti jam tambahan, dan guru kami stanby," katanya.

Sekolah juga memiliki program paket Try Out sebanyak 15 kali untuk kelas XII. Dilaksanakan setiap Januari-April pertahunnya. Selain diadakan sendiri pihaknya juga ada kerjasama dengan pihak lain, seperti dengan pihak Bimbingan Belajar (Bimbel). Dan Try Out diadakan sebanyak dua macam, diterapkan secara tertulis dan try out secara online.

"Pada Sabtu-Minggu disediakan kelas Program Bintang. Ini untuk memfasilitasi siswa yang ingin menjadi pilot atau yang terbaik di UNBK. Siswa yang masuk program ini ditargetkan harus mendapatkan nilai UNBK 100. Bagi siswa yang merasa kurang dalam mata pelajaran tertentu disediakan program Klinik Akademis, ada juga jam tambahan diluar KBM yang bisa diikuti siswa," tambahnya.

Saat ini pihaknya juga sudah mengembangkan kelas via online. Melalui beberpa aplikasi diantaranya Aplikasi Schoologi. Siswa bisa membentuk kelas online, kelebihannya meski guru tidak bisa hadir bisa belajar di aplikasi tersebut. Sudah ada beberpa mata pelajaran yang bisa diikuti seperti Kima, Biologi, Matematika Fisika dan seterusnya. SMA Plus Negeri 17 sudah memiliki sistem informasi terpadu, yakni Simaster17 merupaka aplikasi yang dapat diakses oleh siswa, guru, dan orangtua siswa. 

"Jadi di dalamnya ada data prestasi, pelanggaran, keuangan. Termasuk orangtua siswa bisa mengakses absensi anaknya di aplikasi Simaster17 ini," ujarnya..

Dia mengatakan, dari program yang diberikan tersebut, tahun ini para alumni banyak diterima di perguruan tinggi favorit hingga raih berbagai prestasi., Bahkan salah satu alumni baru yang saat ini diterima di Fakultas Kedokteran Unsri, juga mendapatkan prestasi lain yang tidak kalah membanggakan. "Rischka Salsabila Maulani menjadi pemenang sebagai Gadis Palembang dalam ajang Bujang Gadis Palembang (BGP) 2019 beberapa waktu lalu," katanya.

Selain Unsri lanjut Risyana, banyak juga alumni 2019 yang diterima di perguruan tinggi top lainya di Indonesia. Seperti di Jawa ada yang masuk Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM). 

"Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitad Pajajaran (UNPAD), UNDIP, ITS, UNAIR Surabaya, Universitas Brawijaya, Universitas 11 Maret, dan UPI. Kalau di Sumatera, mulai dari Unila, Institut Teknologi Sumatera, USU, Unja, Universitas Riau, serta Universitas Andalas Padang," ujarnya.

Tak hanya dalam negeri alumni tahun ini juga ada yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Uludak Turki sebanyak 2 orang. "Begitupun beberapa alumni sudah diterima di berbagai sekolah tinggi kedinasan, seperti di Akademi Militer, Akademi Kepolisian, Sekolah Tinggi Inteligen Nasional, dan lainnya," jelasnya.

Selain itu ada pula alumni yang mendapatkan beasiswa seperi 35 alumni menerima beasiswa di Universitas Telkom, ada yang menerima beasiswa Prastya Mulya dan ada pula yang diterima di Bali Intenasional Fligh Academy (BIFA). (Raf)
×
Berita Terbaru Update