Notification

×

Tag Terpopuler

Tim Satgas Karhutla Posko Terpadu 06 Air Kumbang Tingkatkan Patroli

Sunday, September 08, 2019 | Sunday, September 08, 2019 WIB Last Updated 2019-09-08T02:31:43Z

BANYUASIN, SP - Dalam mencegah karhutla, para Tim Satgas karhutla saat ini terus meningkatkan Patroli terpadu disetiap wilayah kerjanya. Seperti halnya yang dilakukan Tim Satgas karhutla Posko terpadu 06 Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin.

Tim Satgas Karhutbunla Posko Terpadu 06 Air Kumbang kini melakukan Patroli di Desa Cinta Manis Baru yang mana Patroli terpadu ini dilaksanakan oleh Bhabinkamatibmas Polsek Air Kumbang Bripka Hadi Hidayatullah,SH, Babinsa Serda Suprihatin, Mangala Agni dan 3 Anggota  BPBD Serta Instansi terkait, Jum'at (06/09) pukul 14.00 WIB.

Kegiatan ini berupa sosialisasi terhadap kepada para petani dan masyarakat Desa Cinta Manis Baru yakni kepada Bapak Rosyad dan Bapak Hasan dengan memberikan  pemahaman tentang kahutla dan pembukaan lahan dengan cara tidak dibakar.

Kemudian memberikan alternatif bahwa membuka lahan pertanian tidak harus dibakar tapi bisa dilakukan dengan pengolahan lahan tanpa bakar ( PLTB ) dengan cara sisa dari ranting, daun, dapat dijadikan pupuk kompos yang bisa dipakai/digunakan untuk kebun sendiri.

Sehingga dapat menghemat biaya pertanian, bahkan sisa dari potongan kayu dapat digunakan untuk pembuatan cuka kayu dan briket arang sehingga dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri, dan bisa dijadikan mata pencarian warga untuk menambah penghasilan di dalam keluarga.

"Selanjutnya Tim Satgas karhutla Posko terpadu 06 Air Kumbang melakukan sosialisasi UU RI No 18 Tahun 2014 Pasal 48 Ayat 1 Tentang Larangan Karhutbunla," kata Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar, S.IK melalui Kapolsek Air Kumbang AKP Agus Irwantoro, SH saat dikonfirmasi media ini, Sabtu (07/09).

Tim Satgas Karhutbunla Posko Terpadu 06 Air Kumbang juga melakukan pengecekan titik hotspot di Desa Cinta Manis Baru dengan hasil kondisi lokasi Patroli Koordinat :
 - Koordinat : S : 02.93605°. E : 104.99818°
Vegetasi Semak Belukar, ilalang, Senduduk dan Pakis. Kondisi kadar air bahan bakar sedang

Jenis Tanah mineral.
Kedalaman Gambut : -.
Sumber Air : -
Konsentrasi Penduduk : Jarang
Aktivitas Masyarakat : Bertani
Status Lahan : Milik Masyarakat
Luas Lahan : ± 1,5 Ha
Potensi Kebakaran : Sedang

"Selama kegiatan tersebut berlangsung Tim Satgas Karhutbunla 06 Air Kumbang tidak menemukan area yang terbakar maupun hotspot, dan situasi Kamtibmas dalam keadaan aman dan terkendali," pungkasnya. (Adm)
×
Berita Terbaru Update