Notification

×

Tag Terpopuler

Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh Gelar Rapat Verifikasi Data Terpadu

Thursday, February 20, 2020 | Thursday, February 20, 2020 WIB Last Updated 2020-02-20T03:32:48Z
Suasana Rapat Koordinasi  Bersama Pemerintah Desa Yang Dilakukan Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh Dalam Rangka Verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS)
BANYUASIN, SP - Pemerintah Kecamatan Suak Tapeh melalui Kasi Kesos menggelar rapat koordinasi bersama pemerintah desa, dalam rangka verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Rabu (19/2/2020). Rapat dibuka Camat Suak Tapeh.

Rakor yang digelar di ruang rapat Camat Suak Tapeh tersebut dihadiri kepala desa dan perangkat desa dilingkungan kecamatan setempat.

Kasi Kesos Kecamatan Suak Tapeh, Eny Yoseta SKM, menjelaskan DTKS merupakan data yang digunakan sebagai sumber data utama dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial agar dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan oleh pemerintah kecamatan.

Dikatakannya, dulunya dikenal dengan istilah Basis Data Terpadu (BDT) dimana berdasarkan Permensos No 05 Tahun 2019 diganti menjadi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Eny Yoseta, juga menjelaskan kriteria masyarakat penerima program perlindungan sosial dalam data DTKS tersebut antara lain untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yakni  masyarakat yang berada dalam data sesuai kriteria.

"Rapat ini sebagai acuan indikator mengurangi angka kemiskinan melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang berubah menjadi paket Sembako," jelas dia.

Sebelumnya, Kecamatan Suak Tapeh  telah menyalurkan paket sembako secara tunai atau langsung melalui E-Warung yang tersebar dibeberapa titik di desa yang ada.

"Berdasarkan kesepakatan dengan E-Warung, paket sembako yang digulirkan ke masyarakat yakni  7 kg beras, 2 kg telur, dan 1/4 kg kacang hijau," tambah dia.

Sementara itu Camat Suak Tapeh, Sashadiman Ralibi, berharap bantuan yang digulirkan pemerintah terdistribusikan tepat sasaran. "Data ini untuk memastikan kebenaran dan ketepatan sasaran penerima bantuan, semoga Rakor yang digelar hari ini mampu membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan," pungkas dia. (Adm)
×
Berita Terbaru Update