Notification

×

Tag Terpopuler

Bandara SMB II Perketat Kedatangan Penumpang Domestik

Tuesday, March 31, 2020 | Tuesday, March 31, 2020 WIB Last Updated 2020-03-31T02:04:06Z

PALEMBANG, SP - PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang tetap beroperasi, dengan jam operasional dari pukul 05.00 WIB sampai dengan 24.00 WIB.

Executive General Manager (EGM) PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara SMB II Palembang Fahroji mengatakan, operasional bandara saat ini masih berlangsung dengan baik, lancar dan normal. 

Meski demikian, Fahroji mengakui pihaknya memperketat pemeriksaan kepada setiap penumpang yang baru datang dari luar kota atau kedatangan domestik. Pihak Angkasa Pura II di Bandara SMB II terlebih dahulu akan menerapkan antrian, untuk memberikan Walk Through Disinfektan (WTD), selain menerapkan social distance dan melakukan pengisian Health Alert Card (HAC) Domestik.

“Untuk sementara, penerbangan internasional saat ini sudah tidak beroperasi sesuai dengan surat yang kami terima dari maskapai Scoot dan Air Asia,” kata Fahroji, ditemui di Bandara SMB II Palembang, Senin (30/3).

Masih kata Fahroji, maskapai Scoot dengan rute Singapura – Palembang - Singapura tidak beroperasi lagi sejak dari Sabtu (21/3) lalu sampai dengan Sabtu (18/4) 2020 mendatang.  Sementara untuk maskapai Air Asia dengan rute Kuala Lumpur - Palembang – Kuala Lumpur mulai Kamis (19/3) lalu sampai dengan Jumat (17/5).

“Sedangkan penerbangan domestik terdapat beberapa maskapai melakukan pengurangan operasional, namun tetap berjalan,” ujarnya.

Sesuai data rekapitulasi pergerakan penumpang dan pesawat pada bulan Maret 2020 yaitu pergerakan penumpang tertinggi 11.544 penumpang pada Jumat (13/3) 2020 dan terendah 3.237 penumpang pada Kamis (26/3) 2020 sehingga terdapat penurunan sebesar 72 persen.

“Untuk pergerakan pesawat tertinggi 110 pergerakan di hari Jumat (13/3) dan Minggu (15/3)  dan terendah 43 pergerakan pada hari Senin (23/3) terdapat penurunan sebesar 61 persen. Pelayanan di Bandara tetap dilakukan dengan tetap mengutamakan Safety, Security, Service dan Compliance (3S + 1C),” jelasnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Palembang, Nur Purwoko Widodo mengatakan, Health Alert Card (HAC) atau Kartu Kesehatan Domestik dibagikan kepada pesawat dengan keberangkatan dari Jakarta (Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma) menuju ke semua tujuan kota-kota di Indonesia.

“HAC Domestik ini dibagikan dan diisi di atas pesawat kepada seluruh penumpang dan kru yang turun di bandara tujuan,” sebutnya.

Ditambahkan Purwoko, pembagian HAC Domestik dilakukan diatas pesawat dengan mempertimbangan waktu yang cukup bagi penumpang untuk mengisi, serta dibantu penyediaan alat tulis. “Di bandara tujuan, HAC Domestik akan diperiksa dan disobek oleh petugas KKP setempat,” pungkasnya. (dkd)
×
Berita Terbaru Update