Notification

×

Tag Terpopuler

GoJek - Halodoc Dukung Kebijakan Isolasi Mandiri BNPB

Monday, March 30, 2020 | Monday, March 30, 2020 WIB Last Updated 2020-03-30T03:01:58Z

PALEMBANG, SP - GoJek bekerjasama dengan Halodoc, sebagai dua startup karya anak bangsa yang punya komitmen berada di garda terdepan meminimalisir penyebaran virus corona (Covid-19) kini, berkolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mendukung kebijakan isolasi mandiri guna menekan penyebaran Covid-19 melalui kampanye #dirumahsaja dan pelayanan telemedicine.

Supaya sistem kesehatan Indonesia bisa berfokus pada pasien yang punya gejala menengah hingga parah. Kolaborasi ini merupakan bagian dari kelanjutan MoU Gojek dan BNPB dalam strategi penanggulangan bencana secara menyeluruh yang telah diresmikan Februari lalu.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengatakan, dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 dibutuhkan gotong-royong antara pemerintah, pihak swasta, akademisi, media dan masyarakat atau pendekatan penta-helix. 

“Kami sangat mengapresiasi gerak cepat GoJek dan Halodoc sebagai perusahaan teknologi on-demand dan health-tech anak bangsa yang menjadi mitra Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mempercepat penanganan pandemi. Kedua perusahaan tidak hanya mengkampanyekan physical distancing - meminta masyarakat tetap di rumah tetapi juga memudahkan masyarakat selama bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Ini melalui inovasi telemedik hingga mitra driver Gojek yang siap membantu masyarakat memenuhi kebutuhan makanan dan obat-obatan,” ujar Doni melalui siaran pers tertulis yang diterima Sumsel Pers, Minggu (29/3).

Doni menambahkan, kebijakan isolasi mandiri digaungkan, supaya penyebaran virus dapat ditekan seminimal mungkin. Masyarakat diimbau untuk benar-benar disiplin berada di rumah. Bila merasa sakit atau tidak enak badan, manfaatkan semaksimal mungkin layanan konsultasi dokter online atau telemedik seperti Gojek dan Halodoc ini, agar tetap bisa mendapatkan asistensi medis.

Melalui inovasi terbaru layanan telemedik Gojek & Halodoc, masyarakat bisa berkonsultasi mengenai gejala kesehatan yang sedang dialami dan melakukan self-assessment atau pemeriksaaan sendiri terkait Covid-19. 

“Apabila ada dugaan menderita COVID-19, dokter dari Halodoc akan berupaya melakukan penanganan dengan meminta pengguna tetap di rumah, menerapkan isolasi di rumah dan obat yang diresepkan akan diantar oleh GoJek ke rumah pengguna. Ini supaya penyebaran penyakit bisa diminimalisir,” imbunya.

Layanan telemedik Check COVID-19 dari Halodoc tersedia dalam bentuk shuffle card di aplikasi GoJek. Jutaan pengguna aplikasi GoJek bisa memilih shuffle card Check Covid-19 tersebut di tampilan aplikasi GoJek, dan pengguna akan langsung diarahkan ke layanan Check Covid-19 di aplikasi Halodoc. 

Chief Public Policy and Government Relations GoJek Shinto Nugroho memaparkan, pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia adalah masa sulit yang harus dilalui bersama oleh segenap elemen bangsa.

“Sebagai perusahaan yang lahir dan besar di Indonesia, kami memperkenalkan berbagai inisiatif memastikan seluruh anggota ekosistem kami dan juga masyarakat Indonesia tetap sehat selama masa pandemi ini. Inisiatif tersebut dirangkum dalam tiga pilar utama yaitu, pembatasan jarak (physical distancing), mempraktikkan gaya hidup sehat dan menjaga produktivitas. Dimana untuk memastikan pembatasan jarak, kami mengajak masyarakat #dirumahaja lewat berbagai channel komunikasi,” pungkasnya.

Jonathan Sudarta, CEO Halodoc mengatakan, pelajaran dari berbagai negara menunjukkan physical distancing dan isolasi mandiri terbukti sukses menekan penyebaran Covid-19. “Sejak penyakit ini menyebar, kami telah mengoptimalkan ekosistem teknologi kami untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat mengantisipasi risiko Covid-19 dari hulu ke hilir,” ringkasnya. (ril/dkd)
×
Berita Terbaru Update