Notification

×

Tag Terpopuler

Masyarakat Diimbau Buat Masker Sendiri

Tuesday, March 31, 2020 | Tuesday, March 31, 2020 WIB Last Updated 2020-03-31T02:22:28Z

PALEMBANG,  SP – di tengah Pandemi Novel Corona Virus (Covid-19), masker menjadi barang langka dan kalau pun tersedia harganya pun sudah tidak lagi normal bahkan bisa mencapai ratusan ribu untuk 1 kotak. 

Terkait hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang memberikan imbauan kepada masyarakat menggunakan masker berbahan kain yang bisa diproduksi sendiri. 

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Ayus Astoni mengatakan, secara sederhana untuk memastikan masker yang dibuat sendiri aman digunakan, masyarakat bisa memastikannya dari bahan yang akan dibuat tidak tembus udara.

"Kalau kita meniupkan udara dengan bahan kain itu, lilin tidak mati artinya itu aman. Karena bila harus tetap menggunakan masker medis kondisinya saat ini memang sedang langka. Makanya, kami sangat menganjurkan masyarakat membuat masker dari kain," katanya, Senin (30/3/2020). 

Selain itu, ungkapnya, masyarakat perlu memahami penerapan social distancing dengan cara menjaga jarak minimal satu meter untuk menghindari penyebaran Covid-19. 

"Kalaupun didekat kita ada yang positif, tapi kita menjaga jarak masih dikategorikan aman. Karena perlu diketahui orang berstatus ODP adalah yang mereka pernah kontak erat dengan pasien positif," katanya. 

Ayus mengaku terus memberikan edukasi kepada masyarakat baik melalui spanduk/baliho lebih peduli serta ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Ara)
×
Berita Terbaru Update