Notification

×

Tag Terpopuler

Puluhan Wastafel Disediakan di Tempat Umum

Tuesday, March 24, 2020 | Tuesday, March 24, 2020 WIB Last Updated 2020-03-24T02:09:11Z
Pemkot Palembang menyediakan 50 watafel di tempat umum. (foto:Ara)
PALEMBANG,  SP - Salah satu upaya pencegahan dasar Virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kota Palembang memasang 50 wastafel di tempat umum termasuk di pasar tradisional. 

Dirut PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya mengatakan, seringnya mencuci tangan sebagai anjuran bagi seluruh masyarakat. Sehingga agar anjuran itu diterapkan, pemerintah memberikan kemudahan memasang wastafel di tempat umum. 

"Sementara ini baru 20 titik di pasar tradisional, di bawah Jembatan Ampera dan beberapa titik lainnya. Sisanya langsung menyusul dalam waktu dekat," katanya, Senin (23/3/2020).

Wastafel tersebut, ungkapnya, dipasang lengkap dengan drum besar sebagai penampung air. PDAM memastikan ketersediaan air akan tetap terjaga. Pihaknya meminta masyarakat untuk bijak menggunakan alat yang telah disediakan tersebut sesuai kebutuhan sjaa. 

“silahkan pergunakan dengan baik, tapi hanya untuk mencuci tangan saja. Kita juga meminta masyarakat untuk ikut menjaga wastafel yang telah dipasang," katanya. 

Sementara itu, Virus Corona menular lewat droplet atau cairan tubuh yang keluar saat batuk atau bersin. Selain tertular karena menghirup droplet, berada dekat dengan orang yang terinfeksi seseorang juga bisa tertular Virus Corona lewat tangan sebagai media penularan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr Ayus Astoni mengatakan, masyarakat harus rajin mencuci tangan, menerapkan perilaku hidup sehat.  Agar setiap orang terhindar dari paparan Virus Corona. Masyarakat juga sudah diminta untuk menerapkan karantina diri atau tidak dulu mendatangi keramaian jika tidak perlu.

"Pemasangan wastafel adalah salah satu cara saja, selebihnya warga bisa memanfaatkan mencuci tangan setidaknya dalam 20 detik dengan detail," katanya. 

Terpisah, Walikota Palembang Harnojoyo mengatakan, selain memasang wastafel, pihaknya juga sudah melakukan penyemprotan jalan protokol dengan disinsfektan. Selain itu, penyemprotan tempat umum lainnya oleh 100 sukarelawan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Palembang.  

"Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, serentak melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona," katanya. 

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Palembang Affan Prapanca Mahali mengatakan, penyemprotan cairan disinfektan di tiga kecamatan guna  sterilisasi untuk membunuh Virus Corona ini dilakukan di tempat-tempat publik seperti  pasar tradisional, taman terbuka kantor pemerintahan, dan tempat publik lainnya.

"Petugas yang kita sebar sebanyak 100 orang dilengkapi alat pelindung diri (APK) dan sebelumnya telah menjalani pelatihan cara penyemprotan untuk pencegahan Covid-19 ini," kata Affan.

Adapun tiga kecamatan yang akan dilakukan penyemprotan ini, meliputi kecamatan, Kecamatan Ilir Timur I, Ilir Timur II dan Seberang Ulu II. "Nanti selaian didampingi petugas dari kita, penyemprotan ini juga akan didampingi pihak kecamatan, setiap tim dibagi 30 orang," katanya. (Ara)
×
Berita Terbaru Update