Notification

×

Tag Terpopuler

Tiga Upaya GoJek untuk Pastikan Kesehatan Mitra

Monday, March 23, 2020 | Monday, March 23, 2020 WIB Last Updated 2020-03-23T02:58:18Z

PALEMBANG, SP - GoJek berkomitmen untuk berada di garda terdepan dalam mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di seluruh ekosistemnya, melalui berbagai langkah proaktif untuk memastikan keamanan dan kesehatan bersama.

Pandemik Covid-19 adalah situasi yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan menghadirkan tantangan bagi masyarakat serta mitra driver GoJek untuk tetap dapat beraktivitas normal. Di sini, Gojek menilai, para mitra driver yang paling banyak berjasa, karena mereka menjadi tulang punggung berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti pengantaran makanan dan obat-obatan, serta untuk bepergian yang sifatnya mendesak. 

Chief Operations Officer GoJek Hans Patuwo mengatakan, dalam situasi seperti sekarang ini, mitra driver GoJek memegang peranan yang luar biasa penting untuk memastikan masyarakat dapat menjalani kehidupan senormal mungkin ketika mereka #dirumahaja.

“Dengan tetap mengedepankan aspek keamanan, mitra driver Gojek menjadi garda terdepan untuk menghadirkan layanan pengiriman makanan, transportasi dan layanan lainnya bagi masyarakat Indonesia,” jelas Hans Patuwo melalui siaran pers tertulis yang diterima Sumsel Pers, Minggu (22/3).

Karenanya menurut dia, GoJek melakukan tiga upaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para mitra driver di masa wabah virus corona ini, agar mereka dapat tetap prima dalam menjalankan tugas kesehariannya.

Upaya pertama yang ditempu menurut Hans adalah berbagai inisiatif komprehensif untuk menjaga kesehatan mitra driver. “Penyediaan masker, hand sanitizer, vitamin dan desinfektan, di berbagai kota besar di Indonesia dan akan terus dilanjutkan ke kota-kota lainnya. GoJek terus berupaya keras menyediakan berbagai keperluan tersebut agar mitra driver tetap dalam keadaan sehat dalam kesehariannya,” katanya.

Selain juga, penyediaan kartu penanda suhu tubuh di berbagai merchant GoFood, untuk membantu driver mengetahui suhu tubuh dari waktu ke waktu. Kartu penanda suhu tubuh ini merupakan pedoman dari GoJek yang dijalankan berbagai mitra merchant GoFood untuk memastikan keamanan mitra dan makanan yang dikirimkan.

Kartu ini berisi informasi mengenai suhu tubuh dari pihak yang menangani makanan yang dipesan, yaitu karyawan mitra merchant yang memasak, karyawan yang menyiapkan makanan, serta mitra driver yang mengantar makanan.

“Dengan prosedur ini, mitra driver kami dapat mengetahui suhu tubuhnya dari waktu ke waktu tanpa harus melakukan pengecekan sendiri. Fitur Contactless Delivery untuk Perlindungan Mitra Driver Gojek telah mengimplementasikan sistem contactless delivery atau layanan tanpa kontak fisik langsung pada layanan GoFood dan GoSend,” imbuhnya pula.

Kedua, sosialisasi materi edukasi pedoman kesehatan secara intensif kepada mitra driver untuk, melindungi resiko penularan virus. Edukasi Pedoman Menjaga Kesehatan bagi mitra driver Gojek mensosialisasikan materi edukasi secara berkala terkait pencegahan COVID-19 yang mengikuti panduan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia secara berkala melalui kanal komunikasi mitra driver, termasuk fitur notifikasi di aplikasi (in-app notification). 

“SOP (Standard Operating Procedure) untuk Kesehatan Driver dan Konsumen Gojek memberlakukan beberapa prosedur baru bagi konsumen selama mereka bepergian dengan GoRide dan GoCar untuk melindungi mitra driver,” ujarnya.

Ketiga, Langkah Gojek untuk mendukung stabilitas finansial mitra dalam melewati masa pandemik ini. “Kami memahami bahwa wabah COVID-19 ini menuntut masyarakat untuk membatasi ruang gerak guna memutus mata rantai penularan. Hal ini pastinya berpotensi berdampak pada pendapatan mitra driver kami. Untuk itu, dalam satu minggu terakhir atau setelah pemerintah mengumumkan COVID-19 sebagai Bencana Nasional Non-Alam di 14 Maret lalu, kami melakukan berbagai upaya untuk memberikan dukungan kepada mitra driver kami untuk menjaga stabilitas finansial mereka di masa sulit ini,” pungkasnya. (ril/dkd)
×
Berita Terbaru Update