Hotel Swarna Dwipa Jadi Lokasi Isolasi Tenaga Medis

Gubernur Sumsel, Herman Deru saat mengikuti rapat paripurna secara virtual di Command Centre Sumsel, Senin (20/4/2020) pagi. (foto:Cr2)
PALEMBANG, SP – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) telah menetapkan Hotel Swarna Dwipa sebagai alternatif tempat isolasi bagi para tenaga medis yang mengalami gejala Covid-19.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, hal tersebut sebagai bentuk respon cepat pemerintah dalam menyikapi penyebaran Covid-19 yang cukup masif yang terjadi di Sumsel. 

“Selain menyediakan ODP Center sejak akhir Maret lalu, kita juga telah menetapkan Hotel Swarna Dwipa sebagai alternatif tempat isolasi bagi para tenaga medis yang mengalami gejala Covid-19,” ungkapny usai rapat paripurna secara virtual di Command Centre Sumsel, Senin (20/4/2020) pagi.

Menurutnya, hal tersebut merupakan hasil kesepakatan dan melihat perkembangan penyebaran Covid-19 di Sumsel saat ini. Sehingga diperlukannya fasilitas khusus tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah Covid-19.

Menurut Deru, upaya tersebut dilakukan untuk mencegah hal-hal kontroversial di lapangan yang berimbas pada para tenaga medis.

"Satu blok di Wisma Atlet Jakabaring telah kita fasiltasi ruang isolasi yang setara hotel. Jika kurang, kita siapkan Hotel Swarna Dwipa yang telah kita tetapkan sebagai tempat menampung tenaga medis yang diisolasi," tegasnya.

Deru mengatakan, fasilitas khusus tenaga kesehatan tersebut bisa digunakan oleh semua tenaga medis dari kabupaten/kota yang ada di Sumsel. Bahkan, Deru mengaku juga akan memberikan layanan antar jemput. 

Dengan kebijakan ini, HD berharap para tenaga medis baik itu dokter spesialis, dokter, perawat dan petugas lainnya dapat menjalankan tugasnya dengan tenang dan fokus. 

"Kepada seluruh tenaga medis di Sumsel bekerjalah dengan baik, pemerintah tidak akan tinggal diam memberikan perhatian dan memfasilitasi kalian. Selamat bekerja semoga kita selalu dilindungi Allah SWT," tuturnya.

Sejauh ini, lanjut HD, pelayanan yang sudah disiapkan di ODP Center Palembang atau Rumah Sehat Covid-19 Sumsel sudah berjalan sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari proses screening, penempatan hingga isolasi selesai yang telah dilakukan petugas di lokasi.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Sumsel yang juga Ketua Umum ODP Center atau Rumah Sehat di Wisma Atlet Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Mawardi Yahya mengatakan, telah menyiapkan ruang isolasi khusus bagi tenaga medis sejak lama.

Menurutnya, tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19 ini. Bahkan tak jarang tenaga medis ini berinteraksi langsung dengan pasien Covid-19. 

"Sudah kita siapkan. Sudah sepantasnya kita memperhatikan tenaga medis karena mereka memang berada di garda terdepan. Lokasinya dipusatkan Tower 3 Wisma Atlet, jakabaring Palembang, " kata Mawardi. (Cr2)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.