Diresmikan, PDP Center Mulai Beroperasi

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumsel, Akhmad Najib saat meresmikan PDP Center di Tower 8 Komplek Wisma Atlet Jakabaring Palembang. (foto:Ist)
PALEMBANG, SP – Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Akhmad Najib telah meresmikan PDP Center di Tower 8 Komplek Wisma Atlet Jakabaring Palembang, sering disebut juga Rumah Sehat Jakabaring, Sabtu (16/05/2020).

Menurut Akhmad Najib, PDP Center diperuntukkan bagi pasien yang terkontaminasi Covid-19 dengan gejala ringan ataupun OTG (Orang Tanpa Gejala). Hal ini dilakukan mengingat pertambahan jumlah pasien positif terus meningkat dan antisipasi kemampuan Rumah Sakit di Sumsel dalam menampung pasien dari berbagai kabupaten/kota.

Tidak hanya tower 8 yang mempunyai kapasitas 60 tempat tidur, Gubernur Sumsel dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan juga sudah menyiapkan 1 tower lagi di Tower 7.

Dijelaskannya, fasilitas di tower dibuat sedemikian rupa sesuai standar Rumah Sakit Darurat dengan peralatan yang memadai dan dilengkapi dengan UGD hingga ventilator.

"Penambahan Pasien Positif akhir-akhir ini disebabkan karena kesigapan pemerintah dalam melakukan Tracing sebanyak 2.152 sampel.pada 14 Mei yang lalu. Hal tersebut juga sebagai bentuk penanggulangan dalam penyebaran Covid-19. Saat ini sudah ada pasien yang akan masuk dari berbagai Rumah Sakit diantaranya Ogan Ilir, Banyuasin, RS. Siti Fatimah, RS. Muhammadyah " ujar Najib.

Untuk tenaga medis saat ini telah disiapkan tower 5 khusus tenaga medis untuk isolasi diri setelah 2 minggu bertugas menangani
Pasien.

Jika telah melaksanakan isolasi mandiri, ucapnya, baru diperbolehkan pulang ke rumah hingga waktu bertugas kembali ke rumah sakit. Tak hanya tenaga medis yang ada, PDP Center akan dibantu oleh relawan dari berbagai kalangan.

"Untuk masyarakat Sumsel diharapkan untuk lebih meningkatkan kesadaran dan mematuhi anjuran Pemerintah dengan tetap Jaga Jarak, gunakan masker jika keluar rumah, cuci tangan sesering mungkin pakai sabun dan bilas dengan air mengalir dan tetap terapkan GERMAS agar dapat memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19 ini. (rel)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.