Warga Tunda Imunisasi Anak


PALEMBANG, SP – Menunda pelaksanaan imunisasi kepada anak di tengah pandemik Covid-19 menjadi pilihan bagi warga Kota Palembang. 

Salah seorang warga Kota Palembang, Syahira mengatakan, sempat menunda imunisasi PCV-4 anak yang saat ini memasuki usia 1,5 tahun karena khawatir terpapar Covid-19. 

"Jujur masih suka khawatir, sebab tidak sedikit yang terpapar ketika berada di RS meski persentasenya belum besar," katanya, Senin (11/5/2020).

Syahira berharap, adanya inovasi layanan pelaksanaan imunisasi anak ditengah pandemik Covid-19 saat ini agar masyarakat tetap bisa berobat ke RS tanpa mengabaikan protokol pencegahan. 

"Salah satunya imunisasi dan vaksin anak yang harus dilakukan di rumah sakit, itu kita itu sangat takut ke RS karena di kondisi sekarang ini," katanya, 

Sementara itu, Direktur medik & pelayanan RS Siloam Sriwijaya, dr Anton Suwindro Mkes mengatakan, pihaknya telah menyediakan layanan Pediatric Green zone clinic yang memudahkan warga yang ingin imunisasi anak. 

“RS menyediakan pilihan cara pembayaran yang salah satunya bisa tunai melalui kasir atau juga non tunai lewat M-Banking. Masyarakat tak perlu khawatir jika harus berobat karena manajemen menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Dijelaskannya, urutan pendaftaran layanan tersebut, dimulai dari reservasi 1 hari sebelum. Kemudian datang ke lokasi klinik imunisasi, bayi atau anak di timbang kemudian diperiksa oleh dokter spesialis anak di lanjutkan dan pengisian persetujuan tindakan medis dan pemberian imunisasi.

"Untuk layanan ini kita buka Senin-Sabtu mulai pukul 08.30-10.00 WIB," katanya. 

Ia mengatakan, pertimbangan dilakukan manajemen soal layanan salah satunya adalah imunisasi diharapkan tidak boleh putus setiap bulan sampai bayi mendapatkan imunisasi dasar campak pada usia sembilan bulan. 

"Jadi karena begitu ketakutannya orang tua datang ke RS hanya untuk imunisasi, akhirnya kami membuat terobosan. Ini sebetulnya memindahkan poli anak ke bawah dengan tidak mengurangi SOP. Sekarang drive thru diganti namanya dengan Pediatric green zone clinic," jelasnya. (Ara)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.