Notification

×

Tag Terpopuler

Masuk Zona Merah Lagi

Sunday, July 26, 2020 | Sunday, July 26, 2020 WIB Last Updated 2020-07-26T10:05:05Z
Pelaksanaan PSBB di Kota Palembang beberapa waktu yang lalu. (foto;net)
PALEMBANG, SP
- Masih kurangnya penerapan disiplin protokol kesehatan di masyarakat, menjadikan tingginya sebaran Covid-19 di Kota Palembang.

Hal ini menjadikan Kota Palembang kembali masuk zona merah Covid-19. 

Walikota Palembang Harnojoyo mengakui jika Kota Palembang setelah dilakukan perhitungan kembali ke zona merah. 

"Ya kita masuk zona merah lagi. Memang perkembangan kasus Covid-19 ini sifatnya fluktuatif, penyakit ini datang dan pergi. Kemarin kita sempat ada perbaikan dan berada di zona oranye," katanya.

Walikota dengan tegas mengimbau agar masyarakat membantu pemerintah dengan disiplin dalam hal protokol kesehatan. 

"Saya sangat mengimbau masyarakat jauhi tempat keramaian ditambah lagi virus ini berpotensi menular lewat udara bukan hanya droplet," katanya. 

Bahkan, dari hasil vidcon bersama Panglima TNI pun pemerintah pusat menyampaikan agar Pemerintah Daerah untuk terus memberikan edukasi ke masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. 

"Apalagi obatnya saat ini belum ditemukan, sehingga kesadaran kolektif yang menjadi poin penting agar penyebaran Covid-19 tidak meluas. TNI-Polri siap memberikan edukasi langsung ke masyarakat," katanya. 

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, kembalinya zona merah tersebut  menunjukkan jika kedisiplinan masyarakat mulai kendor. 

"Terbukti hari ini kita zona merah lagi artinya protokol kesehatan yang mulai diabaikan. Mengenai kajiannya nanti akan ada statemen resmi dari Pemerintah kota mengenai kajian kembali masuk zona merah ini," katanya.

Pihaknya, sejauh ini belum mengambil keputusan apakah kembali menerapkan PSBB atau tidak. 

Namun, terlepas dari kondisi zona merah ini, Fitri mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan. 

"Pakai masker, tidak perlu ke tempat yang menimbulkan kerumunan dll. Sehingga, bila masyarakat di kota Palembang akan Kembali keluar dari zona merah dan tidak menutup kemungkinan untuk new normal. jika tidak dipatuhi ini sudah terbukti kita kembali lagi masuk ke zona merah," katanya.


Berdasarkan peta tingkat penularan Covid-19 yang dimuat Satgas Covid-19 Provinsi Sumsel, Kota Palembang kembali memasuki zona merah setelah pada Update Kamis 23 Juli 2020 kembali menerima tambahan kasus baru 16 kasus. Sehingga total kasus positif Covid 19 untuk kota Palembang menjadi 2.136 orang. (Ara)
×
Berita Terbaru Update