Dorong Swadaya Pangan, Fitrianti Ajak Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda menghadiri launching Kegiatan Pekarangan Lestari Tahun 2020 di Kelompok tani (Poktan) Jaya Makmur I Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Selasa (11/8/2020). (Ist)
PALEMBANG, SP - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, di tengah pandemi Covid-19 pemenuhan pangan sangat krusial. Ketersediaan pangan menjadi hal utama dalam menjaga kesehatan.

Karena itu, Fitrianti mengajak masyarakat berswadaya pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah. 

"Pekarangan rumah bisa digunakan menanam sayuran maupun untuk obat-obatan," ujar Fitrianti, usai me-launching Kegiatan Pekarangan Lestari Tahun 2020 di Kelompok tani (Poktan) Jaya Makmur I Kelurahan Talang Jambe, Kecamatan Sukarami, Selasa (11/8/2020). 

Ia menyebutkan, Pemkot Palembang akan mendorong masyarakat untuk mampu menyediakan pangan sendiri dan beragam. 

“Kegiatannya melalui pertanian keluarga berbasis kecamatan dengan tujuan penguatan lumbung pangan,” kata Fitrianti. 

Apalagi, kegiatan ini sangat cocok dilaksanakan di daerah perkotaan yang minim akan lahan.

“Pekarangan pangan Lestari selain untuk pemenuhan pangan keluarga juga meningkatkan pendapatan rumah tangga karena hasilnya dapat dijual. Contohnya, warga bisa menanam bibit bumbu dapur, sayur mayor dan lainnya. Kita berharap tidak hanya di Kelurahan Talang Jambe saja tetapi bisa diterapkan ke di 107 kelurahan di Kota Palembang dan petani harus siap jadi swadaya pangan,” kata Fitrianti. 

Ia menambahkan, pemerintah kota akan memberikan bantuan bibit. Pihaknya juga sudah mengupayakan dengan meminta bantuan dari kementerian.

“Mudah-mudahan melalui bantuan tersebut diharapkan dapat terserap oleh petani dan menjadi kebutuhan pangan serta bisa meringankan beban perekonomian masyarakat di tengah pandemi ini. (Rel)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.