Dispertan Pagaralam Dapat Bantuan Alsintan

Kepala Dinas Pertanian kota Pagaralam Gunsono Mekson SE.MM, (foto/repi)

PAGARALAM, SP
- Dinas Pertanian kota Pagaralam mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) dari Kementerian Pertanian.


Kepala Dinas Pertanian Kota Pagaralam Gunsono Mekson SE.MM didampingi Kabid Alsintan, Ade Dwi Dharmayanti saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (30/09) mengatakan pada tahun 2020 ini dinas pertanian mendapat bantuan 4 jenis alat mesin pertanian.


Dia berharap dengan adanya bantuan Alsintan tersebut dapat memberikan manfaat dan mempermudah pekerjaan petani, sekaligus mendongkrak hasil pertanian. 


“Kalau selama ini petani menggunakan Tuai (ani-ani) untuk panen padi, kini digantikan dengan hand treasure (perontok padi), sehingga sawah seluas 1 hektar selesai di ketam dalam hitungan jam. Dulu petani mengunakan sapi atau kerbau untuk membajak sawah, kini kerjaan itu digantikan dengan hand traktor. Otomatis alat dan mesin pertanian sangat membantu para petani." ujar Gunsono. 


Dijelaskannya, sebanyak 10 unit jonder, 40 unit hand traktor, power treasure (perontok padi) dan corncelare (pemipil jagung) akan diberikan kepada petani melalui kelompok tani yang berada dibawah naungan Dinas Pertanian Pagaralam.


“Jika ada halangan Dinas Pertanian Pagaralam juga bakal menerima cultivator (alat pembedeng).


Menurutnya cultivator ini berbeda dengan hand traktor yang digunakan di sawah, sementara cultivator digunakan petani sayur. “Setidaknya dengan bantuan Alsintan dari Kementerian ini memberikan banyak manfaat untuk petani kita,”pungkasnya. (Rep)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.