Pemdes Lubuk Karet Sukses Salurkan BLT - DD Lanjutan Tahap IV

Pemberian bantuan BLT-DD,(foto/adm)

BANYUASIN,SP
- Patut di apresiasi, setelah sukses menyalurkan BLT - DD tahap I, II dan III, kali ini Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Karet Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin, kembali menyalurkan BLT - DD lanjutan tahap IV. Penyaluran BLT - DD tersebut bertempat di Kantor Desa Setempat, Rabu (02/08).

"Hari ini BLT - DD lanjutan tahap IV kembali kita salurkan kepada 227 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), tapi BLT kali ini hanya senilai Rp.300.000,00 per KPM selama tiga bulan yakni bulan Juli, Agustus dan September," kata Sekretaris Desa (Sekdes) Lubuk Karet Adi Saputra di bincangi media ini, Rabu (02/08). 

Menurut Adi Saputra, dari awal penyaluran BLT ini pihaknya selalu mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, jadi untuk menghindari kerumunan BLT kita serahkan kepada Kadus untuk di teruskan ke RT. "Nanti RT dibantu oleh Karang Taruna dan Poskesos membagikan secara door to door kepada KPM," jelas dia.

Adi Saputra berharap, dengan adanya bantuan BLT ini agar dimanfaatkan dengan hal - hal yang memang penting seperti membeli sembako." Bantuan ini untuk menutupi kebutuhan mereka yang saat ini lagi sulit akibat dampak dari Covid - 19," imbuh dia.

Dirinya juga menghimbau kepada warga masyarakat agar selalu disiplin dengan protokol kesehatan, seperti memakai masker apabila beraktivitas diluar rumah, selalu cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan yang mengumpulkan orang banyak.

"New Normal" atau yang biasa disebut kebiasaan hidup baru ini bukan berarti Corona Virus ini sudah berakhir, untuk itu dalam tatanan hidup baru ini hendaklah disiplin dengan Protokol kesehatan,"tandas dia. 

Kepala Desa (Kades) Lubuk Karet Anang Bastian menyebutkan bahwa Pada 3 bulan sebelumnya, BLT Dana Desa yang disalurkan nominalnya mencapai Rp 600.000 perbulan. Sesuai edaran dari Kementrian Desa, BLT DD untuk 3 bulan lanjutan atau tahap IV-VI disalurkan Rp 300.000 setiap bulannya.

Menurut Kades Anang Bastian, bahwa pembagian BLT Dana Desa (DD) Tahap IV ini sesuai petunjuk dari Kementrian Desa soal penambahan waktu penyaluran bantuan hingga 6 bulan dari sebelumnya 3 bulan.

“Jadi kita juga sambil menyampaikan edukasi ke warga, mungkin ada warga yang belum tahu atau kurang paham. Sebelumnya dapat Rp 600.000, kok sekarang Rp 300.000. makanya kami saat membagikan juga sambil menjelaskan,” tutur dia.

Ia menyatakan, ada 227 KPM yang tecover dari BLT DD dengan total Rp.136.200.000,00  untuk 3 bulan sebelumnya. Serta untuk 1 bulan kedepan dengan nominal Rp 300.000 per bulan Rp.68.100.000,00 Juta. “Untuk tahap awal 3 bulan dengan nilai Rp 600.000,00 sudah direalisasikan, ini tahap IV mulai kita realisasikan,” jelas dia.

Sementara itu, Camat Betung M. Donut,  S.Sos berharap warga senantiasa bersyukur karena masih ada alokasi bantuan dari dana desa. Meskipun ada beberapa sumber bantuan, namun disesuaikan dengan berbagai macam persyaratan."Ini penyaluran yang ke 4, tapi yang pertama dengan penyaluran dengan nilai Rp 300.000,00,” ungkap dia.

Ia juga berharap, warga penerima bisa memanfaatkan dana tersebut dan tidak digunakan berdasarkan keinginan dan disesuaikan dengan kebutuhan. Namun ia tetap mengimbau, dengan kondisi saat ini yang masih dalam situasi pandemi Covid-19 serta era adaptasi kebiasaan baru (AKB), warga harus tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. “Pakai masker, cuci tangan pake sabun, jaga jarak, itu harus dilakukan untuk mencegah Covid-19 ini,” beber dia. (Adm)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.