Pemkot Palembang Tata BKB-Masjid Suro Jadi Wisata Kota Tua

Masjid Besar Al-Mahmudiyah Palembang, (foto/net)

PALEMBANG, SP
- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bakal menata Benteng Kuto Besak (BKB) untuk menjadi destinasi wisata Kota Tua. Pengerjaan akan dilakukan akhir pada Oktober ini.

Asisten II Bidang Perekonomian Setda Kota Palembang Anshori mengatakan, penataan sejalan dengan Sekanak Kerihin (Lama). Penataan BKB sebagai kota tua ini mulai dari Museum Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II hingga Masjid Suro. 

"Termasuk di sekitarnya ada Ampera, Gedung Walikota ini termasuk kawasan kota tua. Ingin seperti kota tua di Jakarta juga Semarang. Padahal kita punya potensi lebih," katanya, usai rapat penataan BKB, Rabu (21/10/2020).

Ansori mengatakan, penataan kawasan BKB untuk dijadikan kota tua berhubungan dengan penataan Sekanak Kerihin. "Dalam bahasa Palembang, Kerihin ini artinya 'Lama', maka penataan BKB ini jadi satu kesatuan nantinya dalam satu kawasan kota lama/tua Palembang," katanya. 

Dalam mewujudkan destinasi kota tua Palembang dikawasan ini, maka penataan yang akan dilakukan tahun ini, yaitu pelebaran pedistrian untuk pejalan kaki, dan penataan kawasan pemukiman di sekitar Sekanak Kerihin, dan Suro.

"Penataan kawasan pemukiman termasuk juga pelebaran trotoar akan dilakukan melalui Balai Sarana Permukiman dari Kementrian PUPR, dan juga bersama Pemkot Palembang," ujarnya.

Penataan kawasan pada tahun ini baru merupakan tahap pertama, karena secara luas, seperti penyediaan fasilitas layaknya destinasi wisata akan dilakukan secara bertahap. "Bertahap, nanti tidaknya dari Pemkot Palembang, tapi juga didorong dari CSR dan juga bantuan dari pusat," katanya. (Ara)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.