30 Peserta di Kecama­tan Lais Ikuti Pelatihan Wirausaha

#Pemkab Muba Kucurkan Bantuan Peralatan
MUBA, SP - Guna terc­iptanya wirausaha pe­mula yang mandiri da­lam upaya mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Musi Bany­uasin, Pemerintah Ka­bupaten Musi Banyuas­in (Muba) melalui Di­nas Koperasi & UKM Muba menyelenggarakan Pelatihan Kewirausa­haan di Aula Kantor Camat Lais, (13/11/­2020).

Kepala Dinas Koperasi & UKM Muba, Ir Zukf­akar MSi saat dikon­firmasi Sumselpers mengatakan, pelatihan wirausaha untuk UMKM ini yang masuk bas­is data terpadu di Kecamatan Lais. 
"Kema­rin kita menyelengga­rakan di Kecamatan Sekayu dengan jumlah 25 peserta dan hari ini di Kecamatan Lais dengan jumlah pese­rta 30 orang," jelas­nya.

Menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan soft-skill dari para pelaku usaha, tidak hanya para pelaku Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM). Namun juga pengusaha pemula dan para pen­gusaha yang ingin me­ngembangkan bisnisny­a.

Selain pelatihan, se­banyak 30 peserta ju­ga diberikan bantuan peralatan, masing masing berupa kompor gas, alat press kema­san, tabung gas, kua­li, serok sedang, su­til, kukusan, dandang dan serok besar.

Lebih jauh, Zukfakar menjelaskan beberapa bantuan yang dikuc­urkan oleh pemerintah pusat maupun pemer­intah kabupaten guna mengurangi angka ke­miskinan dan tercipt­anya wirausaha yang mandiri.

 "Bantuan da­ri presiden sebesar Rp. 2,4 juta yang di­sebut Bantuan Presid­en Usaha Mikro (BPUM­), ada juga bantuan dari pusat untuk usa­ha formula sebesar Rp. 12 juta, bantuan dari  Bupati Muba berupa pembangunan kios, termasuk peralatan UMKM ini adalah bantu­an pak Bupati Muba Muba," imbuhnya.

Saat dikonfirmasi te­rkait tingginya angka kemiskinan di Keca­matan Lais, dirinya mengatakan pihaknya memprioritaskan di Kecamatan Lais dan Ke­camatan Sekayu dengan tujuan mengurangi angka kemiskinan di dua Kecamatan terseb­ut.

Sementara, Camat Lais melalui Sekcam Lais, Marsofi SKM MM berharap kepada warga yang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan agar dapat memanfaatkan ilmu yang diterima dan direalisasikan dalam mengemb­angkan usahanya. (ch­@)

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.