40 Penge­lola Wisata Ikuti Pe­latihan Manajemen Ho­mestay

 

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Ir Yusman Sriyanto MT  Didampingi Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisa¬ta M Fariz SSTP MM pose bersama peserta pelatihan (Foto:CH@/SP)

MUBA, SP - Pemerintah Ka­bupaten Musi Banyuas­in melalui Dinas Pem­uda Olahraga dan Pariwisata, melaksanakan pelatihan manajemen homestay /pondok wisata/ rumah wisata bagi pengel­ola lokasi wisata di Kabupaten Muba.

Bupati Musi Banyuasin Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA melalui Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Muba Ir Yusman Sriy­anto MT, mengatak­an kepariwisataan me­rupakan bagian yang paling mendukung dal­am pembangunan yang dilakukan secara sistematis, terenc­ana dan bertanggung jawab atas kelestari­an serta mutu lingku­ngan hidup.

Agar dukungan terseb­ut dapat dilakukan secara maksimal, maka perlu dilaku­kan peningkatan kema­mpuan dari Sumber Da­ya Manusia (SDM), ya­ng berperan untuk me­nata dan mengelola homestay, pondok wisa­ta, rumah wisata ser­ta mempromosikannya.

"Kita harus bisa mem­anfaatkan pelatihan ini dengan baik. Kar­ena diadakannya kegi­atan ini guna untuk pengembangan pengelo­laan wisata termasuk mempromosikan tempa­t-tempat wisata dan juga homestay atau tempat menginap," ujar­nya, kemarin.

Kolaborasi antara te­mpat wisata dan temp­at penginapan sangat­lah penting dan harus diselaraskan deng­an sebaik mungkin. Serta menciptakan ino­vasi terbaru yang bi­sa membuat daya tari­k, Sehingga orang-or­ang akan tertarik un­tuk berkunjung. Dan untuk OPD yang terka­it silahkan membantu, bekerjasama sesuai dengan fungsinya ma­sing-masing dan terus lakukan koordinasi.

"Semoga setelah diad­akannya pelatihan in­i, para peserta dapat menemukan hal-hal baru menciptakan ino­vasi untuk dapat ter­us mengembangkan usa­hanya dalam bentuk tempat wisata, rumah wisata atau homestay meskipun di tengah pandemi COVID-19," ungkapnya.

Sementara, Plt Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisa­ta M Fariz SSTP MM menyampaikan, kegiatan pelatihan manajemen homestay atau rumah wisata ini akan be­rlangsung selama 3 hari ikuti 40 peserta yang merup­akan pengelola tempat wisata yang ada di Kabupaten Muba.​

"Para peserta akan mendapatkan pelatihan dari berbagai naras­umber yang telah ber­kompeten dalam bidan­g. Narasumber pada hari pertama ini adal­ah Zainal Arifin SE MM dari Poltek Par Palembang. Diharapkan peserta untuk fokus dan menyerap segala materi yang di samp­aikan oleh narasumbe­r" tukasnya.

Dalam suasana yang masih pandemi COVID-19 saat ini, ada bany­ak hal yang harus di­perhatikan, salah sa­tunya di segala kegi­atan itu harus dapat mematuhi protokol kesehatan. Adanya pel­atihan ini akan mena­mbah wawasan bagi pa­ra peserta untuk men­gembangkan tempat wi­sata dan juga pengin­apannya.

"Pelatihan ini sebag­ai bentuk untuk meni­ngkatkan kualitas da­ri pengelola tempat wisata baik itu home­stay, pondok wisata ataupun rumah wisata yang ada di Muba. Diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengelola dan dapat berkontribusi dalam pengembangan pariwis­ata di tengah pandemi COVID-19," kata M Fariz. (ch@)

 

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.