Balitbang PALI Gelar Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan


PALI, SP -
Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), 
menggelar pelatihan kajian formulasi pakan ikan air tawar berbasis bahan baku lokal. 

Pelatihan yang dipusatkan di Aula Kantor Balitbang PALI ini, dibuka  Plt  Bupati PALI diwakili Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs, Husman Gumanti, MSi itu dihadiri narasumber Ervan Malik,SP, MSi, perwakilan OPD terkait (Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi, Dinas Perdagangan) dan para peternak ikan se-Kabupaten PALI.

Dalam arahannya, Husman Gumanti meminta para peserta  untuk mengikuti pelatihan dengan serius sehingga materi dapat diserap dan dikembangkan para peternak ikan.

Lebih jauh kedepan, mantan Kadin Koperasi dan UKM ini menghimbau pada masyarakat dapat bekerja secara  berkelompok membentuk badan usaha dan terorganisir dengan baik, serta membangun komunikasi dan informasi disetiap stakehokder sehingga tercipta sinergitas pembangunan berkesinambungan.

"Kepada pemerintah desa dan instansi terkait hendaknya  selalu aktif mendorong berbagai kelompok usaha masyarakat sehingga dapat melahirkan potensi ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Sementara narasumber Ervan Malik memaparkan, bahwa membuat formulasi pakan ikan air tawar atau ikan sungai tidaklah sulit, hanya saja perlu ketelitian dan kemauan keras.

"Sedangkan untuk bahan bakunya bisa didapat disekitar kita. Seperti bekas kepala ikan, lumut sungai, ampas tahu, dan lainnya, semua itu perlu dikeringkan dijadikan serbuk tepung sesuai petunjuk modul pelatihan yang diberikan pada para peserta," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Balitbang PALI, Ir.Hendri didampingi Drs Kusmin Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak sehingga terselenggaranya Kegiatan itu. 

"Insyaallah kegiatan seperti ini  akan kita tingkatkan lagi di tahun mendatang," katanya. (sn) 

Theme images by merrymoonmary. Powered by Blogger.