Notification

×

Tag Terpopuler

“Bedat” Kotak Amal Masjid, Endang Ditangkap Warga

Thursday, November 05, 2020 | Thursday, November 05, 2020 WIB Last Updated 2020-11-05T10:00:07Z
Endang Saputra (20), warga Jalan Bungaran Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Sebarang Ulu I Palembang digelandang ke Mapolsek IB I Palembang usai dipergoki warga sedang membedat alias mencongkel kotak amal Masjid. (Foto:Ody/SP)

PALEMBANG, SP - Endang Saputra (20), warga Jalan Bungaran Kelurahan 8 Ulu Kecamatan Sebarang Ulu I Palembang digelandang ke Mapolsek IB I Palembang usai dipergoki warga sedang mencongkel kotak amal Masjid.

Aksi pencurian yang dilakukan pemuda pengangguran itu terjadi di Masjid Amal Bakti di Jalan Puncak Sekuning Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan Ilir Barat I Palembang, Kamis (5/11) sekitar pukul 09.30 WIB.

Kanit Reskrim Polsek IB I Palembang, Iptu M Ginting membenarkan adanya seorang pemuda yang diamankan warga karena kepergok sedang melancarkan aksi pencurian kotak amal Masjid.

“Pelaku diamankan oleh warga setelah aksinya ketahuan  oleh seorang ojek online yang saat itu sedang berada di lokasi kejadian,” kata  Ginting .

Dijelaskan Ginting, dalam melancarkan aksinya pelaku berpura-pura melaksanakan shalat Dhuha. Melihat masjid dalam keadaan sepi pelaku pun langsung melakukan aksinya dengan cara mencongkel kotak amal dengan kayu kecil dan sebuah senter kecil. Pelaku juga sudah sempat mengambil uang sebanyak Rp380 ribu.

 “Modus pelaku ini unik dengan cara mencongkel menggunakan kayu kecil dan senter setelah itu kotak amal tersebut di gulingkan dan uangnya diambil,” katanya.

Pelaku yang sempat diamuk massa, akhirnya digelandang ke Polsek Ilir Barat I Palembang dengan barang bukti kotak amal kayu serta senter. “Pelaku kami kenakan pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” katanya.

Sementara itu, pelaku mengaku memang sudah mengincar kotak amal di Masjid tersebut karena satu hari sebelumnya pelaku sempat mendatangi Masjid untuk melihat kondisi masjid.

“Kotak amal itu saya congkel dengan kayu kecil yang ada disitu, kalau senter memang aku bawak dari rumah. Sudah sempat dapet duit karena di congkel sekitar Rp380 ribu. Uangnya rencananya buat kebutuhan sehari-hari,”  katanya. (ody)

 

×
Berita Terbaru Update