Notification

×

Tag Terpopuler

Dandim : Pencak Silat Bukan Hanya Belah Diri

Wednesday, November 25, 2020 | Wednesday, November 25, 2020 WIB Last Updated 2020-11-25T16:10:54Z

 

Komandan Kodim 0406MLM Letkol Inf Erwinsyah Taupan SH, M.Si menyerahkan bantuan alat latihan pencak silat kepada perguruan silat di Kabupaten Musi Rawas (Foto:Galsa S)

 

LUBUKLINGGAU,SP-Pencak silat disamping bagian dari seni bela diri juga merupakan salah satu budaya peninggalan bangsa yang ikut membentuk watak dan karakter masyarakat Indonesia. Demikian disampaikan Komandan Kodim 0406/MLM Letkol Inf Erwinsyah Taupan SH, MSi, dalam acara penyerahan bantuan alat- alat latihan pencak silat tahun anggaran  2020 kepada 9 perguruan IPSI se-Kabupaten Musi Rawas di Aula Pamungkas Kodim 0406/MLM Jalan Garuda Kelurahan Tanjung Indah Kecamatan Lubuklinggau Barat I Kota. Lubuklinggau, Rabu (25/11/2020).

Hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 0406/MLM Letkol Inf Erwinsyah Taupan SH, MSi, Kepala Staf Kodim Mayor Inf B. Hutauruk, Kapten Czi Epi Sugiarto Pasiter Kodim 0406/MLM dan perwakilan perguruan pencak silat wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Dalam sambutannya Komandan Kodim 0406/MLM yang juga Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten  Musi Rawas, Letkol Inf Erwinsyah Taupan SH, MSi., mengatakan bela diri pencak silat merupakan salah satu bela diri khas berasal dari Indonesia sekaligus  merupakan budaya yang sudah diakui Unesco sebagai warisan asli Indonesia.

“Sebagai warga negara Indonesia, kita harus bangga dengan budaya yang kita miliki dan sudah semestinya turut melestarikan agar tidak punah,” katanya.

Dikatakannya pencak silat selain menjadi salah satu alat pempersatu nusantara juga merupakan identitas bangsa yang sudah di pertandingan di skala internasional.

Erwinsyah menambahkan disamping memiliki nilai seni, pencak silat juga mengajarkan keberanian, kedisiplinan, keuletan, kreatifitas, inovasi. Disamping itu, para atlet juga harus adaptif untuk bisa menang dalam sebuah pertandingan. Jika hal ini bisa ditumbuh kembangkan dikalangan masyarakat tentunya akan memberikan kontribusi positif dalam membentuk generasi unggul yang berintegritas dan berkarakter serta memperkuat daya tahan bangsa menghadapi berbagai ancaman. (Galsa S)

 

×
Berita Terbaru Update