Notification

×

Tag Terpopuler

Peringati Hari Pahlawan, Mempertahankan Kedaulatan NKRI Perlu Dikenang

Tuesday, November 10, 2020 | Tuesday, November 10, 2020 WIB Last Updated 2020-11-10T10:29:57Z
Wakil walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar saat jadi Inspektur Upacara memperingati Hari Pahlawan, (Foto:Galsa/SP)


LUBUKLINGGAU, SP - Wakil walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Pahlawan,10 November 2020 di halaman eks perkantoran Pemkab Musi Rawas,Taba Pingin.

Dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis menteri sosial RI,Wawako mengatakan Hari Pahlawan Kiranya tak hanya sekedar diingat pada tanggal 10 November saja, namun lebih itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertarihkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan NKRI perlu terus dikenang sepanjang masa sebagaimaba tema Hari pahlawan 2020 "Pahlawanku Sepanjang Masa". 

"Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka," ujarnya. 

Dikatakan,dulu bangsa ini berjuang dengan mengangkat senjata, sekaranf kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa,seperti :kemiskinan, bencanna alam, narkoba,paham-paham radikal,termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melada dunia. 

Meskipun dalam masa pandemi covid,peringatan Haro pahlwan 2020 diharapkan berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan. 

Nilai-nilai kepahlawanan seperti, percaya kepada Tuhan yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat indonsia. 

Semangat kepahlawanan yang terus menyala, dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini sebagaimna ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita sukarno yag menyatakan bahwa " hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar". 

Upacara dipimpin kapolres Lubuklinggau, AKBP Nuryono dilanjutkan dengan peletakan karangan dan penaburan bunga oleh kapolres bersama-sama FORKOPIMDA .

Kegiatan ini untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan bangsa indonesia. Peringati Hari pahlawan tahun ini mengusung tema 'Pahlawanku sepanjang masa'. 

Tema ini memiliki makna filosofis,yakni sebuag upaya yang bisa dilakukan untuk terus mengenang sepanjang masa perjuangan dan pengoranan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kemerdekaan NKRI. 

Kapolres Lubuklinggau AKBP Nuryono mengajaka semua pihak dalam memperingati Hari Pahlawan dimasa pandemi Covid-19, mari kita menjadi pahlwan dengan mematuhi protokol kesehatan agar tetap selalu sehat. (Galsa)

×
Berita Terbaru Update